Home / ACEH / Polisi Tangkap Pelaku Curanmor di UIN Ar-Raniry

Polisi Tangkap Pelaku Curanmor di UIN Ar-Raniry

Pelaku curanmor dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolsek Syiah Kuala, Banda Aceh, Senin (17/12/2018). (Muhammad Fadhil/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Petugas dari Polsek Syiah Kuala mengamankan pria berinisial S (24 tahun), setelah kedapatan mencuri sepeda motor merk Honda Supra NF 125 BL 5482 JH milik dosen di kampus UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh.

Penangkapan dilakukan di salah satu bengkel tempat pelaku bekerja di kawasan Kopelma Darussalam, Kamis (13/12/2018) pagi. Saat ditangkap, pelaku tanpa melakukan perlawanan.

Kapolsek Syiah Kuala, AKP Asyari Hendri dalam konferensi pers di polsek setempat, Senin (17/12/2018) mengatakan, kejadian itu terjadi di Fakultas Ushuluddin, UIN Ar-Raniry pada Rabu (12/12/2018) siang.

Korban yang merupakan dosen di fakultas tersebut memarkirkan sepeda motornya di parkiran fakultas setempat dengan posisi terkunci stang.

Saat keluar mengajar sekira pukul 15.00 WIB, korban terkejut ketika sepeda motornya tak ada lagi di lokasi dan langsung melaporkan ke polsek setempat.

Mendapat laporan, petugas langsung melakulan penyelidikan, termasuk koordinasi dengan satpam kampus. Dalam waktu tak sampai 24 jam, pelaku berhasil diamankan.

AKP Asyari Henderi menjelaskan, pelaku melancarkan aksinya dengan menggunakan kunci T.

“Pelaku menuju kampus dengan motor sendiri merk Shogun, masuk ke lokasi parkir, cek situasi dan langsung beraksi dengan mencongkel sepeda motor korban,” jelas Hendri.

Setelah beraksi, pelaku membawa pulang sepeda motor hasil curian itu ke rumah dan dibongkar agar dapat mengelabui korban maupun petugas yang mengejar.

“Sampai rumah dibongkar semuanya. Kemudian pelaku kembali menuju kampus dengan menggunakan Go-Jek untuk ambil sepeda motor Shogun yang diparkir tadi,” kata Hendri.

Atas perbuatannya, pelaku harus mendekam di Polsek Syiah Kuala. Pelaku akan dikenakan pasal 363 ayat 1 angka 5 KUHP dengan ancaman penjara paling lama 7 tahun. []

Baca juga: Polisi Imbau Mahasiswa Pasang Kunci Ganda di Sepeda Motor