Home / ACEH / Angkat Tema Industri 4.0, Fokusgampi Gelar PEF 2018

Angkat Tema Industri 4.0, Fokusgampi Gelar PEF 2018

Istimewa

KLIKKABAR.COM, PIDIE – Forum Komunikasi Generasi Muda Pidie (Fokusgampi) Banda Aceh menggelar program tahunan Pidie Education Festival (PEF) 2018, Kamis (15/11/2018) di Kota Sigli.

Kegiatan ini sebagai wadah bagi siswa-siswi Pidie dalam mengekspresikan bakat dan minat serta memotivasi sehingga generasi Pidie semakin cemerlang di bidang pendidikan.

Kegiatan yang bertema Pendidikan di Era Industri 4.0 ini dilaksanakan bersamaan dengan program Evaluasi Kegiatan Pembentukan Karakter Berbasis Islami oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie. Acara ini secara resmi dibuka oleh Bupati Pidie Roni Ahmad.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Abusyik ini mengatakan Pemerintah Kabupaten Pidie terus berupaya sungguh-sungguh, untuk mengembalikan ruh budaya dan karakter masyarakat Pidie yang Islami. Salah satu langkah adalah dengan menerapkan konsep pendidikan karakter yang berbasis islami di lembaga pendidikan di Kabupaten Pidie.

“Pada hari merupakan evaluasi dari pelaksanaan pendidikan tersebut, dalam bentuk perlombaan antar pelajar, khususnya untuk jenjang SD dan SMP. Sedangkan untuk jenjang SMA/SMK juga dilaksanakan dalam bentuk Pidie Education Festival. Kedua kegiatan ini kami pandangan sangat strategi,” kata Abusyik dalam rilis diterima Klikkabar.com, Kamis (15/11/2018).

Sementara, Ketua Umum Fokusgampi Juvinda mengatakan acara tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, tema yang diangkat terkait industri 4.0.

“Saat ini dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi siber,” ujar Juvinda.

Ketua Panitia Muhammad Doudi menambahkan, kegiatan tersebut dirangkai dalam beberapa kegiatan seperti edukasi, kompetisi, ekspo, dan perform. Adapun kegitan edukasi ada beberapa item seperti diskusi pendidikan, seminar inspiring people, ngobrol asyik dan workshop business plan.

Sementara kompetisi terdiri atas debat pendidikan, lomba pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Aceh, lomba desain poster, lomba teknologi tepat guna, seni musik, dan lomba video blogger. Terakhir kegiatan ekspo diikuti oleh sekolah yang ada di Kabupaten Pidie dan Kabupaten Pidie Jaya serta komunitas dan UKM.

“Kita mohon dukungan dari semua kalangan untuk kesuksesan acara ini dari tanggal 15 sampai 17 November di Alun-alun Kota Sigli,” tutup Doudi didampingi sekretaris panitai M Deni Fitriadi.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Muspida Kabupaten Pidie seperti Sekda, Dandim, Kapolres, Kajari, serta dihadiri oleh Kepala SKPK, kepala sekolah di Kabupaten Pidie dan siswa-siswi. []