Home / BERITA TERBARU / Pria Lebih Menderita daripada Wanita Ketika Bertengkar

Pria Lebih Menderita daripada Wanita Ketika Bertengkar

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Ketika pasangan yang menikah bertengkar, suami mungkin lebih menderita daripada istri mereka.

Setidaknya itu menurut sebuah penelitian baru, yang menemukan bahwa konflik memiliki dampak negatif yang lebih besar pada kesehatan pria daripada pada wanita.

Untuk penelitian ini, yang dipresentasikan pada konferensi 2018 International Association for Relationship Research (IARR), para peneliti mengikuti 183 pengantin baru selama 16 tahun pertama pernikahan mereka.

Saat menikah, usia rata-rata para suami adalah 26 tahun dan usia rata-rata istri adalah 24 tahun.

Baca Juga : Ngeri, Pasangan Suami Istri Ini Bunuh 20 Perempuan, Memutilasinya, Lalu Menjual Potongan Tubuh Korbannya

Mereka melihat apakah pertengkaran tentang beberapa topik seperti anak-anak, uang, mertua, dan kegiatan rekreasi, memiliki implikasi kesehatna untuk istri dan suami.

Ternyata, konflik lebih berpengaruh pada kesehatan suami daripada kesehatan istri, jelas Rosie Shrout, peneliti, pada Livestrong.

Untuk mengevaluasi kesehatan peserta, pasangan itu diminta menjawab pertanyaan apakah kesehatan mereka mengganggu pekerjaan mereka, jika mereka mengalami kesulitan tidur dan terganggu oleh sakit kepala.

Lalu, para peneliti menemukan bahwa suami yang tidak sependapat dengan istri mereka pada beberapa topik memiliki skor kesehatan yang lebih rendah dibandingkan dengan suami yang tidak sependapat dengan istri dengan topik yang lebih sedikit.

Baca Juga : Generasi Milenial Lebih Suka Berkencan dengan Pasangan yang Jauh Lebih Tua, Kenapa?