Home / ACEH / Aceh-Sumut Resmi Jadi Tuan Rumah PON 2024

Aceh-Sumut Resmi Jadi Tuan Rumah PON 2024

Foto: Istimewa.

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Musyarawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) KONI Indonesia 2018 menetapkan Aceh-Sumut sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024.

Bidding atau penetapan tuan rumah PON XXI tahun 2024 ditentukan oleh peserta dari 34 provinsi se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta, 24 April 2017.

Ada tiga calon tuan rumah yang maju, yaitu Aceh-Sumut, Bali-NTB dan Kalimantan Selatan.

Pemungutan suara yang dilakukan secara terbuka menempatkan Aceh pada posisi pertama, dengan raihan 24 suara. Sedangkan Bali-NTB meraih 8 suara dan Kalimantan Selatan hanya meraih dua suara.

Sebelum pemilihan berlangsung, masing-masing calon tuan rumah memaparkan kesiapan dan potensi daerah. Dari Aceh, presentasi disampaikan langsung oleh Gubernur Irwandi Yusuf.

“Sebelum datang ke tempat ini, saya masih terbaring di rumah sakit,” kata Irwandi sebelum menyampaikan sambutannya sembari menunjukkan tangannya yang masih berbalut perban usai menjalani perawatan medis di USA.

Pemerintah Aceh, kata Irwandi, sangat antusias untuk menjadi penyelenggara pesta olahraga terbesar di Indonesia.

“Kita akan membangun sarana dan prasarana untuk pelaksanaan dan kesuksesan PON XXI tahun 2024,” kata Irwandi.

Pasca pemungutan suara berakhir, Ketum KONI Sumut Jhon Imady Lubis langsung sembab, ia tak kuasa menahan air mata harunya. Sementara Ketum KONI Aceh H. Muzakir Manaf atau Mualem terlihat sangat bahagia.

“Alhamdulillah, nasib baik memihak kita. Perjuangan ini tidak sia-sia,” ujar Mualem.

“Kita mendapat 88 persen dukungan dari 34 provinsi. Kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh provinsi yang mengikuti bidding. Mudah-mudahan PON 2024 akan menjadi yang terbaik dalam sejarah pelaksanaan PON,” kata Mualem.