Jelang Keberangkatan JCH, Kemenag Aceh Rampungkan Berbagai Persiapan

-

- Advertisment -

Jelang Keberangkatan JCH, Kemenag Aceh Rampungkan Berbagai Persiapan

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Samhudi, S.Si. (Istimewa)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Menjelang keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Haji Aceh tahun 1440 Hijriah/2019 Masehi, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi setempat telah merampungkan berbagai persiapan, baik menyangkut dokumen, akomodasi dan juga membangun kerjasama dengan intansi terkait.
Untuk kloter pertama JCH aceh akan tiba di asrama haji pada Jumat 19 Juli 2019 pukul 10.30 WIB dan terbang ke Arab Saudi melalui bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang pada Sabtu 20 Juli 2019 pukul 13.35 WIB.
“Berbagai persiapan terus kita pacu dan alhamdulillah semua sudah hampir rampung, Insyaallah besok sebelum jemaah masuk ke asrama semuanya sudah rampung,” kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Samhudi, S.Si dalam siaran pers diterima Klikkabar.com, Kamis (18/7/2019).
Samhudi yang juga Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Aceh menjelaskan bahwa hari ini merupakan puncak dari segala persiapan yang diperlukan untuk menyambut calon tamu Allah tersebut di asrama haji dan memberangkatkannya ke Arab Saudi.
Ia menambahkan secara umum seluruh persiapan berjalan lancar, hal dokumen seperti visa dan paspor sebanyak  7 kloter JCH Aceh telah selesai.
“Selebihnya, paspor yang belum selesai akan segera diproses dan menyusul di bawa ke Banda Aceh,” kata Samhudi.
Lebih lanjut Samhudi juga menjelaskan tentang kesiapan asrama haji di Banda Aceh, telah dilakukan pengecekan dan dipastikan bahwa saat ini kamar yang pekan lalu masih direnovasi telah selesai renovasi dan siap untuk digunakan.
Dikatakan Samhudi bahwa ada beberapa hal yang yang sangat diperhatikan di lingkungan asrama haji sebagaimana juga direkomendasikan dalam setiap evaluasi penyelenggaraan haji sebelumnya yaitu terkait kebersihan dan kerapihan seluruh area asrama haji khususnya area tempat makan dan dapur di asrama tersebut.
“Ini masih akan terus kita pantau setiap hari bersama dengan petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan,” ungkap Samhudi dengan tegas.
Selain itu dijelaskan juga tentang proses rekam biometrik jamaah haji yang merupakan syarat masuk untuk masuk ke Arab Saudi, bahwa masih ada sekitar kurang dari 10% jamaah yang belum melakukan rekam biometrik namun dipastikan akan tuntas dilakukan perekaman biometrik tersebut pada saat jamaah sudah tiba di asrama haji sebelum keberangkatan ke tanah suci.
“Secara umum Embarkasi Aceh telah siap, kita berharap serta mohon doa dan dukungan semua pihak termasuk masyarakat, semoga penyelenggaraan haji tahun ini lebih lancar dan lebih sukses dari tahun lalu,” tutup samhudi.
Ia juga mengajak semua Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Aceh bersama stakholder terkait untuk bersama membantu menyukseskan penyelenggaraan Haji tahun 1440 H/2019 M.
“Mari kita semua sukseskan pemberangkatan Jemaah Calon Haji tahun ini, kita doakan semoga berjalan dengan tertib dan lancar. pelayanan haji kepada umat harus lebih baik, dan ada peningkatan dari sebelumnya,” tutup Samhudi. []

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda