Home / ACEH / Siang ini, Kualitas Udara Aceh Lebih Buruk dari Jakarta

Siang ini, Kualitas Udara Aceh Lebih Buruk dari Jakarta

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Kondisi kualitas udara di Aceh siang ini terpantau lebih buruk dari wilayah Jakarta dan Batam.

Dari data AirVisual, Senin 23 September 2019, pada pukul 13.00 WIB, Air Quality Index (AQI) Banda Aceh berada di angka 166, alias masuk kategori tidak sehat. Namun tingkat polusi ini tidak tetap dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Data Air Quality Index diperoleh dari wilayah pengamatan di KLHK Aceh atau di wilayah Lambaro dan sekitarnya.

Sementara itu kualitas udara di Jakarta siang ini Air Quality Index nya berada di angka 154, masuk dalam kategori tidak sehat.

Air Quality Index (AQI) merupakan indeks yang digunakan AirVisual untuk menggambarkan tingkat polusi udara di suatu daerah. AQI dihitung berdasarkan enam jenis polutan utama, yaitu PM 2,5, PM 10, karbon monoksida, asam belerang, nitrogen dioksida, dan ozon permukaan tanah.

Berdasarkan data AirVisual, kandungan PM 2,5 di Jakarta berada di angka 64,5 µg/m³. Data itu diperoleh dari alat pemantau udara Airvisual yang ada di Kedutaan Amerika Serikat, Pegadungan, Kemayoran, Pejanten Barat, Rawamangun, dan Mangga Dua.

Sedangkan pantauan Klikkabar.com di beberapa wilayah di Banda Aceh terlihat berkabut asap, seperti mendung.

Sesuai informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kabut asap di Aceh Utara dan sekitarnya semakin parah.

Jarak padang di Bandara Malikussaleh Aceh Utara dan sekitarnya, hanya tersisa 1,5 kilometer saja.

Bagi masyarakat dihimbau untuk mengurangi aktifitas di luar ruangan, dan menggunakan masker saat berada di luar ruangan.