Home / ACEH / Santri Harus Jadi Kader Bangsa Berkualitas

Santri Harus Jadi Kader Bangsa Berkualitas

Bupati H. Hasballah HM.Thaib, SH, menyampaikan arahan saat Perpisahan Santriwan/ti Dayah Al-Huda Buket Itam di Darul Ihsan, Aceh Timur, Selasa (6/8) malam. (Zamzami Ali/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM.Thaib, SH, mengingatkan agar para santriwan/ti untuk menjadi kader bangsa yang berkualitas dan berdedikasi tinggi.

Sosok yang akrab disapa Rocky itu menyebut, tidak mustahil bagi kader dayah salafi dan Pondok Pesantren (Ponpes) menjadi pejabat negara dan tokoh bangsa, seperti K. H. Ma’aruf Amin yang kini terpilih sebagai Wakil Presiden RI.

“Dulu ulama dan santri merebut kemerdekaan negeri ini. Tapi sekarang, santri harus berjuang keras untuk mengisi kemerdekaan dalam mengisi kemajuan pembangunan,” kata Rocky didepan ratusan santri Ponpes Al-Huda di Desa Seuneubok Teungoh, Darul Ihsan, Selasa (6/8) malam.

Disebutkan Rocky, ilmu yang diterima santri dari para guru perlu diamalkan setiap hari ketika kembali ke rumah bersama orangtua, terutama kewajiban salat lima waktu.

“Sopan dalam tingkah laku dan harus lebih santun dalam upacan adalah perilaku yang harus dipertahankan seseorang yang menyandang status santri,” pesannya.

Santri sejatinya merupakan aset bangsa yang sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu santri harus menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas dibidang keagamaan dan harus menguasai ilmu dan teknologi.

“Harus dipahami bahwa adap dan sopan santun harus diatas ilmu,” tutur Rocky.

Kesederhanaan saat berada di dayah selama ini, juga akan menambahkan akan menjadi bagian dari sejarah hidup santri untuk menjadi pribadi yang mandiri, berempati, dan berkarakter.

“Mudah-mudahan para santri yang hari ini mondok di pesantren kedepan menjadi pribadi yang sukses di dunia dan ilmu yang diterima bermanfaat hingga akhirat kelak, Amin,” pungkasnya.

Lihat Juga: Menko Luhut Apresiasi Bupati Rocky

Saat Rocky Curhat Soal Gajah Sumatera

Rocky Tak Setuju Bulan Bintang Berkibar Sembarangan