Home / BERITA TERBARU / Nonton Debat Capres Kuras Energi, Siapkan dengan Olahraga

Nonton Debat Capres Kuras Energi, Siapkan dengan Olahraga

Jokowi dan Prabowo Subianto di lokasi debat capres, Hotel Bidakara, Kamis (17/1). (ANTARA FOTO/Setneg-Agus Suparto)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Menonton debat capres, Minggu (17/2/2019) dapat menguras emosi.  Untuk itu, lakukan olahraga agar bisa mengatur emosi. Olahraga dapat membantu mengatur emosi dan suasana hati?

Anda harus menonton dengan pikiran jernih. Jangan sampai terpancing emosi dengan penyataan kedua calon presiden, atau karena jagoan Anda diserang oleh pasangan lainnya. Selain itu, debat ini akan berlangsung panjang sampai malam. Mungkin waktu tidur Anda akan sedikit terganggu akibat acara tersebut. Tidak ada salahnya Anda untuk mempersiapkan diri juga dengan baik. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc menuturkan olahraga bisa meningkatkan suasana hati.

“Saat olahraga, tubuh kita melepaskan hormon endorfin, yang berhubungan dengan perasaan bahagia dan euphoria,” katanya disalin dari klikdokter, Minggu (17/2/2019).

Jadi, jika Anda ingin menonton debat dengan perasaan senang, cobalah untuk berolahraga sebelumnya. Berikut dua jenis olahraga yang mungkin bisa Anda lakukan:

1.Lari

Lari merupakan olahraga yang mudah, praktis dan efektif dalam membakar kalori. Gerakan berulang yang dilakukan saat berlari dapat memicu pengeluaran zat kimia di otak, yang disebut serotonin dan norepinefrin.

“Keduanya dapat membuat Anda merasa nyaman dan senang sesudahnya,” kata dr. Nadia. Selain itu, dengan olahraga lari Anda juga dapat tidur lebih nyenyak pada malam hari.

2.Yoga

“Gerakan-gerakan yoga tak hanya dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih lentur, namun pernapasan Anda juga menjadi lebih terlatih sehingga dapat membuat Anda menjadi lebih tenang,” ujar dr. Nadia.

Penelitian yang dipublikasikan di Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menyebutkan bahwa seluruh partisipan yang mengikuti kelas yoga berkurang gejala depresi, kecemasan, serta tingkat emosinya. Ketika emosi turun, Anda jadi bisa lebih nyaman menyaksikan debat capres kedua.

Di samping olahraga, Anda juga bisa memfokuskan diri pada meditasi. “Aktivitas meditasi dapat membantu mengurangi rasa stres, kelelahan, gangguan mood, hingga gangguan tidur,” kata dr. Nadia. Berdasarkan tinjauan yang dimuat oleh American Heart Association (AHA), meditasi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Perhatikan juga camilan Anda saat nonton. Singkirkan keripik kentang atau hamburger, dan gantilah dengan kudapan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar.