Erick Thohir Jadikan Indonesia Pemain Dunia

-

Erick Thohir Jadikan Indonesia Pemain Dunia

Oleh: Amir Faisal Nek Muhammad (Founder Perfekto untuk Indonesia)

Erick Thohir sebagai seorang pengusaha berpengalaman dan sukses sangat paham mengenai ekonomi syariah, bahkan ia pernah mengatakan ekonomi syariah bisa menjadi kekuatan ekonomi nasional.

Dalam beberapa dekade belakangan ini ekonomi syariah telah menjadi tren baru di dunia, di sisi yang lain penerapan ekonomi konvensional dirasa kurang bisa untuk mensejahterakan masyarakat, malahan semakin membuat ketimpangan sosial semakin nyata. Inilah kemudian yang membuat Erick Thohir terus mendorong gebrakan ekonomi syariah di Indonesia.

Gebrakan terbesar Erick Thohir adalah dengan membangun Bank Syariah Indonesia (BSI), ia membuat sejarah baru di Indonesia melalui merger tiga bank syariah yakni Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri.

Hasil gebrakan Erick Thohir ini pun membuahkan hasil nyata, melalui merger tiga bank ini, BSI bisa masuk sebagai 14 bank syariah terbesar di dunia.

Performa BSI dari bulan ke bulan juga semakin meningkat, di semester III 2022 berhasil mencetak laba bersih Rp3,2 triliun, meningkat 42% (year-on-year) dibanding periode sama pada tahun lalu.

Gebrakan Erick Thohir membangun bank syariah di Indonesia merupakan perwujudan dari mimpi besar Presiden Jokowi yang ingin menjadikan ekonomi keuangan syariah sebagai pilar baru kekuatan ekonomi nasional.

Konsistensi Erick mengimplementasikan ekonomi syariah di Indonesia juga tidak terlepas dari keinginannya mewujudkan visi islam yang rahmatan lil alamin, agar semua makhluk menjadi sejahtera.

Para ahli dalam berbagai penelitian juga telah menyebutkan bahwa ekonomi syariah merupakan solusi untuk mengentaskan kemiskinan, karena ekonomi syariah menerapkan kegiatan ekonomi yang saling menguntungkan satu sama lain atau berkeadilan.

Erick Thohir paham bahwa ekonomi syariah bisa membawa kemajuan untuk Indonesia di masa depan, karena melalui ekonomi syariah bisa menghilangkan penindasan antara kaya dan miskin dan ekonomi syariah juga melarang mengeksploitasi alam dengan semena mena.

Gagasan Erick Thohir dalam menggerakkan ekonomi syariah juga tersusun sangat sistematis secara jangka pendek dan panjang. Pertama, ia mengembangkan pasar industri halal di dalam dan di luar negeri. Kedua, mengembangkan industri keuangan Syariah. Ketiga, investasi yang bersahabat yang melibatkan pengusaha daerah. Keempat, pengembangan ekonomi Syariah di pedesaan secara berkelanjutan.

Gebrakan ekonomi syariah Erick Thohir ini tentu akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang mandiri, bukan sebagai negara “follower”. Dengan konsep ekonomi syariah yang diterapkan Erick Thohir akan bisa menjadikan Indonesia sebagai negara produsen produk-produk syariah, bukan hanya menjadi tempat penampung komoditas syariah dari berbagai negara.

Dengan kata lain, Erick Thohir sedang mengarahkan Indonesia menjadi negara pemain global.

Saat ini kita melihat langkah-langkah yang dilakukan oleh Erick Thohir dalam menggerakkan ekonomi syariah adalah jalan mempersiapkan indonesia menjadi pemain global.

Selain telah melakukan holding bank syariah menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI), Erick Thohir juga sedang mengembangkan pasar industri halal di dalam dan di luar negeri serta menciptakan investasi yang bersahabat dengan melibatkan pengusaha daerah dan melakukan pengembangan ekonomi syariah di pedesaan secara berkelanjutan.

Hasilnya selama 3 tahun bergabung dalam pemerintahan Erick Thohir telah berhasil membangun sistem yang mampu mengorbitkan produk syariah dari pelaku usaha lokal. Ia berhasil menghidupkan perekonomian para UMKM hingga ke pondok pesantren.

Sehingga tak salah jika hari ini Erick Thohir pun masuk ke dalam 500 tokoh Muslim berpengaruh di dunia di bidang ekonomi dan bisnis bertengger bersama tokoh lain, seperti Presiden Jokowi, Sultan Hassanal Bolkiah (Brunei) dan Pangeran Al Waleed Bin Talal Al Saud (Arab Saudi).

Berdasarkan data The State of The Global Islamic Economy Report (SGIE Report) tahun 2021-2022 mencatat, indeks ekonomi islam di Indonesia berada di peringkat empat dunia, sementara peringkat tiga besar diisi Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

Sedangkan dalam sektor industri manufaktur, Indonesia mencatatkan posisi 10 besar, yakni dalam hal makanan halal berada di peringkat 4, fesyen di peringkat 3, farmasi serta kosmetik di peringkat 6, indikator pembiayaan syariah peringkat 6, perjalanan ramah muslim 6, serta media dan rekreasi di peringkat 5.

Ini menunjukkan gebrakan ekonomi syariah Indonesia mulai mendunia, tinggal support dari seluruh pihak agar ekonomi syariah Indonesia menjadi nomor satu di dunia. Dan inilah mengapa kemudian Erick Thohir menjadi cawapres paling ideal untuk 2024, karena gagasan dan gebrakannya membuat harapan baru untuk Indonesia menjadi pemain global.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_img

Berita Populer

- Advertisement -spot_img

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda