Warga Papua Ikut Lomba Tjoet Njan Dhien; Total 208 Peserta

-

- Advertisment -

Warga Papua Ikut Lomba Tjoet Njan Dhien; Total 208 Peserta

Lomba menulis artikel bertema “Aktualisasi Spirit Tjoet Nja Dhien di Era Milenial”, dengan total hadiah Rp60 juta yang difasilitasi oleh Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh, Dr. H. Abdullah Puteh diikuti oleh 208 peserta yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri.

“Saya baru mendapat laporan dari panitia bahwa lomba menulis yang saya gagas di ikuti oleh 208 perserta dari berbagai daerah di Indonesia. Rincianya kalau dilihat dari domisili, dari Sumatera Utara 3 peserta, Sumatera Barat 7 peserta, Jakarta 8 peserta, Jawa Timur 5 peserta. Jawa Barat 2 peserta, Jawa Tengah 1 peserta . Papua 2 peserta, dan mahasiswa Universitas Al Azhar Mesir 2 peserta . Selebihnya 175 peserta berdomisili di Aceh,” kata Abdullah Puteh, Jumat (4/11/2022)..

Abdullah Puteh melanjutkan, berdasarkan data yang dikirim kepadanya dari panitia menyebutkan bahwa dilihat dari sisi profesi, terdapat 9 siswa SMA, 48 mahasiswa, 43 PNS (ASN, Guru dan Dosen termasuk bergelar S3), dan sisanya 108 peserta dari jurnalis, blogger, dan wiraswasta lainnya.

“Melihat animo peserta yang mengikuti lomba menulis Tjoet Nja Dhien ini sangat tinggi, di luar prediksi kami. Perkembangan literasi tokoh Aceh menjadi magnet di seluruh Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan asal daerah yang mengikuti lomba ini yang tersebar dari lima pulau terbesar di Indonesia termasuk dari Pulau Jawa dan Sulawesi,” kata Abdullah Puteh.

Abdullah Puteh mengucapkan terima kepada seluruh peserta yang telah mengirim artikelnya kepada panitia. Sesuai yang direncanakan, panitia bekerja independen mengumumumkan 20 peserta terbaik pada Ahad, 6 November 2022. Panitia akan menghubungi 20 peserta untuk diminta no rekening untuk menerima hadiah total Rp60 juta yang masing-masing peserta mendapat dana pembinaan Rp3 juta plus artikelnya dibukukan dan peserta mendapat gratis buku tersebut nantinya.

“Saat ini, tim juri yang berasal dari akademisi dan jurnalis bekerja maksimal dan profesional mencari 20 artikel terbaik untuk dibukukan. Hampir 100 artikel menawarkan gagasan brilian yang menjadi renungan dan aksi dari kita semua. Panitia akan mengumumkan 20 peserta pemenang lomba menulis artikel pada Ahad 6 November yang merupakan tanggal haul Tjoet Nja Dhien ke-114 tahu,” pungkas Dr Abdullah Puteh yang juga Wakil Ketua Komite II DPD RI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda