Pahami Kedalaman Pusat Gempa

-

- Advertisment -

Pahami Kedalaman Pusat Gempa

Apa maksud pusat gempa di kedalaman 10 km ketika terjadi gempa bumi? Pakar gempa bumi Faizal Adriansyah menguraikan hal- hal seputar gempa bumi yang disampaikan pada Senin (21/11/2022).

Pertama lokasi gempa.

  1. Bila lokasi di darat itu artinya gempa dekat dengan kita maka 5 – 6 SR akan terasa keras apalagi diatas itu. (Untuk potensi tsunami kecil kemungkinan terjadi kecuali ada hal khusus, misalnya gempa darat sangat kuat sehingga meruntuhkan batuan di dasar laut hal ini bisa memicu tsunami runtuhan).
  2. Kalau lokasi di laut itu artinya jauh dari kita dan akan terasa besar diatas 7 SR keatas. Tapi potensi tsunami harus diwaspadai. Segera menjauhi laut/pantai.

Kedua

perhatikan kedalaman gempa bila diantara 10 – 60 km itu artinya gempa nya dekat muka bumi. Pasti keras karena nyampenys ke permukaan sangat cepat. Biasa disebut gempa dangkal.

Ketiga

tengok magnitudonya bila 5-6 SR tapi didarat sudah bisa membuat kerusakan. Misalnya Pidie Jaya hancur sekitar 6,5 SR, Yogya 5,9 SR.

Perbandingan untuk gempa Aceh 9,2 SR tapi pusat gempa dilaut kedalaman 30 km jarak dari Meulaboh 149 km. Sehingga kerusakan didaratan aceh tidak banyak krn gempa. Kerusakan di Aceh karena hantaman tsunami.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda