Menkes: Kasus Virus Polio di Aceh Jadi 3 Anak

-

- Advertisment -

Menkes: Kasus Virus Polio di Aceh Jadi 3 Anak

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan kasus polio di Pidie, Aceh bertambah dua kasus. Dengan demikian, saat ini sudah ada tiga kasus polio yang dilaporkan di Pidie.

Budi menyebut polio tipe 2 ini ‘muncul’ di sejumlah negara dalam enam bulan terakhir, di antaranya Amerika Serikat, Inggris, dan Israel, kemudian disusul Indonesia.

“Kita juga sudah identifikasi lagi, kemarin nambah lagi kalau tidak salah, jadi tiga kasus di Pidie itu,” kata Budi dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Jakarta, Selasa (22/11/2022) dikutip dari cnnindonesiam

Budi mengatakan, temuan kasus itu terjadi lantaran masih banyak warga di Pidie yang enggan menerima vaksinasi polio. Kondisi penolakan itu menurutnya terjadi pasca merebaknya penyakit campak rubella beberapa tahun silam.

Berdasarkan penyelidikan epidemiologi, selain cakupan vaksinasi polio yang rendah, didapati faktor kurangnya perilaku hidup bersih dan sehat penduduk di Kabupaten Pidie.

Masih terdapat sejumlah penduduk yang menerapkan BAB terbuka di sungai, sementara air sungai dipakai sebagai sumber aktivitas penduduk termasuk tempat bermain anak-anak.

Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, Kementerian Kesehatan, WHO, dan Unicef telah melakukan sejumlah tindakan penting termasuk melakukan pelacakan untuk mencari kasus lumpuh layuh lain di sekitar tempat tinggal kasus.

Kemudian pengambilan sampel tinja di wilayah terdampak untuk dilakukan pemeriksaan, dan memeriksa sampel air di tempat pembuangan dan survei cepat cakupan imunisasi. Selanjutnya akan segera dilakukan tindakan pencegahan penularan lebih luas dengan meningkatkan notifikasi nakes dan faskes untuk mendeteksi adanya kasus lumpuh layuh lain, untuk segera ditindaklanjuti secara medis maupun epidemiologis.

Lebih lanjut, Kemenkes akan melakukan pemberian imunisasi polio tambahan bagi semua anak usia 0-13 tahun di seluruh wilayah Provinsi Aceh sebanyak dua putaran yang direncanakan akan dimulai pada tanggal 28 November 2022

. “Dan, alhamdulillah kita sudah kirim tim kesana dan sudah bersosialisasi dengan bupatinya, dan alhamdulillah beliau mendukung imunisasi. Karena perlu sekali dukungan dari Pemda, karena kalau tidak, itu menyebar. Dan sekarang kita akan segera menyapu Pidie itu dengan vaksinasi polio, dan mudah-mudahan bisa cepat kita tangani,” pungkas Budi.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda