Jelang Pemilu, Kemendagri Tetapkan Batas Wilayah

-

- Advertisment -

Jelang Pemilu, Kemendagri Tetapkan Batas Wilayah

Kemendagri) RI menyerahkan data final mengenai penentuan batas wilayah kaitannya dengan pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu dilakukan dalam gelaran rapat koordinasi nasional (Rakornas) Toponimi dan Batas Daerah yang dihadiri para pemimpin daerah se-Indonesia di kawasan Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten, Kamis (10/11/2022) 

“Hari ini penyerahan batas wilayah, ini sudah final, tidak akan ada lagi proses verifikasi untuk penyerahan hari ini, tidak akan ada susulan lagi sampai dengan Pemilu dan Pilkada 2024,” ujar Wakil Menteri Dalam Negeri RI John Wempi Wetipo di salah satu hotel di Tangerang, Kamis (10/11/2022). 

John menjelaskan, pihaknya telah diminta KPU untuk menetapkan ihwal batas wilayah terkait pelaksanaan Pemilu 2024 sejak beberapa bulan yang lalu, hingga akhirnya selesai didata, baik meliputi batas desa maupun batas kecamatan.

Penetapan itu sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Ketidaksesuaian Tata Ruang, Kawasan Hutan, Izin, dan/ atau Hak Atas Tanah. 

Dengan adanya pendataan batas wilayah tersebut akan ada kepastian mengenai data pemilih dalam gelaran Pemilu dua tahun mendatang. Sehingga dengan demikian, Pemilu serentak diyakini dapat berjalan dengan lancar dan/atau meminimalisasi konflik.  “Ini juga membantu teman-teman KPU supaya melakukan pemetaan Dapil (daerah pemilihan),” tuturnya. 

Pendataan final sudah menyesuaikan perubahan yang terjadi dari munculnya dapil-dapil anyar. Data Kemendagri menunjukkan, ada penambahan 305 desa, 11 kecamatan, delapan kelurahan, dan tiga provinsi. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda