Aceh yang Bawa Islam ke Fakfak; IKKS Gelar Maulid di Jakarta

-

- Advertisment -

Aceh yang Bawa Islam ke Fakfak; IKKS Gelar Maulid di Jakarta

Warga Aceh-lah yang sebarkan dakwah Islam di Fakfak Papua. Hal ini terjadi setelah pendakwah dari Pasee Aceh dengan mengarungi samudera hingga tiba dib Fakfak.. Dengan cara yang menawan, pendakwah dari Aceh itu menikah dengan putri kepala adat.

“Dari pernikahan itu, kemudian Kepala adat itu masuk Islam yang diikuti oleh rakyatnya,” kata Ustadz Fadlan Garamathan dari Papua, Ahad (20/11/2022) di Anjungan Aceh Taman Mini Indonesia Indah (TMII),Jakarta.

Ustad Fadlan mengatakan hubungan Aceh dengan Papua sudah terjalin sejak lama. Bahkan Fadlan menyatakan pendakwah dari Aceh juga yang sebarkan Islam ke Brunai Darussalam, Jawa, Sulawesi dan sebagainya ke seluruh Indonesia. Demikian kata Fadlan pada acara. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Santunan Anak Yatim, dan Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Samalanga dan Sekitar (IKSS) periode 2022-2026.

Ketua Umum IKSS dr. Taufiq A Bakar, MARS usai pelantikan mengucapkan terima kasih kepada pengurus selamanya yang dipimpin oleh Mukhtar Achmady. Taufiq menyebutkan IKKS yang sudah 40 tahun berdiri harus terus berkiprah dengan saling bersilaturahmi dan sebagainya. Adapun Sekretaris IKKS yakni Agam Ilyas dilengkapi kepala bidang maaing- masing. IKSS memiliki slogan “Jarak Jeut Jioh Syedara Hanjeut Putoh” (Jarak boleh berjauhan, persaudaraan tidak boleh putus).

Acara ini juga menampilkan pembaca hikayat Syeik Rih, cucu Ampon Chik Samalanga Ir. Tjut Sjahrany Hamzah Bendahara, Ketum TIM Cabang Pasar Minggu Ir. Saiful Bahri, Ketua Keluarga Bireuen Sayuti Abubakar Sera ratusan warga IKKS dan undangan lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda