7 Agama Terbanyak Pemeluk di Dunia, Hindu Nomor 4

-

- Advertisment -

7 Agama Terbanyak Pemeluk di Dunia, Hindu Nomor 4

Menurut World Population Review, jumlah agama di dunia lebih dari 4.000 agama. Masing-masing agama memiliki jumlah pengikut yang berbeda-beda.

Berikut beberapa daftar penganut agama yang terbanyak di dunia 2022.

Kristen

Agama ini memiliki pengikut sekitar 2,38 miliar orang  berdasarkan pada kehidupan dan ajaran Yesus Kristus diketahui sudah berumur 2.000 tahun. Kelompok terbesar dari agama ini yaitu gereja Katolik Roma, gereja Ortodoks Timur, dan gereja Protestan.

2. Islam

Agama ini memiliki pemeluk sekitar 1,9 miliar orang. Islam disebarkan oleh Nabi Muhammad pada tahun 570-632 M. Dalam agama Islam, Allah SWT merupakan satu-satunya Tuhan yang berhak disembah. Kitab suci agama ini yaitu Al-quran.

3. Tidak terafiliasi pada agama tertentu

Terdapat kelompok masyarakat yang tidak afiliasi agama tertentu. Mereka memiliki kepercayaan spiritual, namun tidak terikat pada agama tertentu. Jumlah kelompok ini sekitar 1,193 miliar orang.

4. Hindu

Agama ini dipeluk oleh sekitar 1.161.440.000 orang. Hindu termasuk agama tertua karena sudah ada sejak 1500-an sebelum Masehi.  Agama Hindu terbanyak di India, sekitar 80% populasi negara tersebut mengikrarkan diri sebagai penganut agama Hindu. Selain India, Nepal dan Indonesia yang memiliki penganut Hindu terbanyak.

5. Buddha

Agama ini dianut oleh sekitar 506.990.000 orang. Dari ajaran Buddha Gautama, agama ini hadir di India hampir 1.500 tahun lalu. Terdapat dua cabang utama Buddhis yaitu Buddhisme Theravada dan Buddhisme Mahayana.

Ajaran agama ini meliputi sumpah anti kekerasan dan kepatuhan pada perilaku etis di seluruh aspek kehidupan.

6. Agama rakyat

Agama rakyat dikenal juga dengan nama agama kepercayaan tradisional. Agama ini merupakan tradisi lokal sebuah daerah yang sebenarnya bernaung di bawah agama besar. Akan tetapi, praktik agama rakyat ini berada di luar praktis resmi agama besar yang menaunginya.

7. Agama Konfusianisme dan Taoisme

Dua agama tradisional dianut di Tiongkok, Macau, Taiwan, Burundi, Pantai Gading, dan lain sebagainya.  Jumlah penganut agama ini mencapai 60.990.000 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda