Waspadai ‘Aneka’ Penyakit Pasca Banjir

-

- Advertisment -

Waspadai ‘Aneka’ Penyakit Pasca Banjir

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Indonesia sedang dilanda hujan ekstrem yang berpeluang terjadi banjir dan kemudian muncul penyakit. Berikut ini aneka penyakit yang mengancam warga usai banjir.

1. Kencing tikus

Penyebarannya saat menyentuh tanah atau air, tanah basah, atau tanaman yang terkontaminasi oleh urine binatang yang terinfeksi.

Gejala klinis leptospirosis sangat bervariasi, antara lain demam tinggi, sakit kepala, menggigil, nyeri otot, muntah, kulit dan mata kuning, serta mata merah, sakit perut, diare, hingga ruam.

2. Infeksi Kulit

Infeksi kulit dapat terjadi akibat paparan langsung air banjir yang terkontamnasi bakteri pada kulit. Untuk mencegahnya, basuh tangan dan kaki yang terpapar air banjir dengan air bersih.

3. Diare
Diare karena sumber air yang tidak bersih, khususnya dari sumur dangkal, tercemar bakteri atau virus.

Minimnya air bersih di pengungsian juga bisa menyebabkan kondisi ini. Diare bisa terjadi karena mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi virus maupun bakteri.

4. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Genangan air yang rentan digunakan sebagai tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti biang DBD. Dengan meningkatnya populasi nyamuk, ancaman DBD juga semakin besar.

5. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

ISPA karena bakteri, virus dan berbagai mikroba lainnya. Kondisi tubuh yang letih ketika terdampak banjir juga bisa menyebabkan seseorang lebih rentan terkena ISPA.

Gejala umum yang muncul seperti batuk, pilek, demam, nyeri dada, hingga sesak napas. Untuk mencegah penularannya, tingkatkan daya tahan tubuh, biasakan menutup mulut saat batuk dan tidak meludah sembarangan.

6. Penyakit saluran pencernaan

Kebersihan asupan makanan dan minuman yang tidak terjaga memicu penyakit saluran cerna. Gejala yang paling umum muncul adalah demam dan gangguan pencernaan.

7. Tipes (demam tifoid)

Demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi yang menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda