Usai Divaksin Siswi Masuk RS, Negara Harus Bertanggungjawab

-

- Advertisment -

Usai Divaksin Siswi Masuk RS, Negara Harus Bertanggungjawab

Khansa siswi korban vaksin atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) di Aceh Utara dibezuk oleh Kadisdik Lhokseumawe atas perintah Sekda Lhokseumawe karena Sekda Teuku Adnan dalam perjalanan pulang dari Banda Aceh ke Lhokseumawe pada Kamis (23/9/2021)  merupakan bukti nyata tanggung jawab pemerintah dalam hal terjadinya KIPI.

“Pemerintah tidak boleh lepas tangan. Harus segera peduli manakala ada kejadian. Apalagi  vaksinasi ini adalah kebijakan strategis pemerintah mengatasi Pandemi Covid-19,”  kata Kepala Ombudsman Aceh Dr. Taqwaddin Husin, Jumat (24/9/2021).

Taqwaddin menuturkan,   segala biaya harus ditanggung oleh pemerintah. Pasien dirawat secara baik pada rumah sakit yang terbagus di daerahnya, atau jika dibutuhkan secara medis harus dirujuk ke RSUZA. Ke depannya, Taqwaddin  minta pemerintah harus respons cepat manakala terjadinya KIPI.

“Sebetulnya kejadian KIPI seperti ini jarang terjadi. Dari ribuan orang yang sudah divaksin hanya ada satu dua yang seperti ini, yang memiliki masalah dengan antibodinya,”  ungkapnya

Maka, oleh karena itu, Taqwaddin  minta agar petugas yang melakukan screening harus cermat, teliti dan hati-hati. Lakukan screening sesuai prosedur.  Ini kejadian kedua yang terekspose. Setelah sebelumnya, Amelia di Aceh Barat.

Dari kedua kejadian ini kita bisa mengambil pelajaran pentingnya screening yang tepat dan akurat. Petugas yang melakukan harus hati-hati dan teliti. Lakukan dengan serius. Ini menyangkut nyawa manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda