Tentara Ottoman Pelopor Marching Band

-

- Advertisment -

Tentara Ottoman Pelopor Marching Band

Oleh Munawar Liza Zainal

(Mantan mahasiswa Universitas Al-Azhar, Kairo)

Marching band sangat penting untuk menjaga pasukan dalam bergerak secara konsisten untuk tujuan yang terarah.  Dalam pertempuran masa dahulu, tabuhan marching band menjadi pengobar semangat pasukan dan menggoyahkan lawan.

Menurut sejarah, marching band pertama di dunia, dikenalkan oleh tentara Ottoman, disebut dengan Mehter. Tradisi band militer yang menyebar ke Eropa dan seluruh dunia, meniru Mehter dari Turki.

Mehter membawakan lagu-lagu heroik. Tidak jarang ketika tentara Ottoman menyerang sebuah daerah, pasukan musuh melarikan diri hanya karena mendengar tabuhan suara Mehter dari kejauhan.

Dari abad 16-18, negara-negara Eropa meniru semua hal yang beraroma Turki. Dikenal dengan Turquerie atau Turquoiserie, di mana seluruh kebiasaan di Turki menjadi model di seluruh Eropa.

Orang kaya di sana mulai mengenal minum kopi, dekorasi dan perabot rumah mengikuti ala Turki, jubah mulai dipakai baik oleh perempuan dan laki-laki, bahkan orang merokok memakai tembakau dengan pipa cerutu model Turki. Opera di Eropapun saat itu menampilkan kisah tentang Turki.

Tidak ketingggalan, komposer besar dunia seperti Mozart, Haydn, dan Beethoven, karya mereka sebagian diinspirasi dari irama Mehter seperti Turkish March (Marcia alla turca) oleh Ludwig van Beethoven.

Jagalah identitas, kita harus bisa mewarnai, bukan diwarnai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda