Ratusan Santri se-Indonesia Ikut Lomba Baca Kitab Kuning

-

- Advertisment -

Ratusan Santri se-Indonesia Ikut Lomba Baca Kitab Kuning

DPW PKS Aceh kembali menggelar Lomba Baca Kitab Kuning tahun 2021. Lomba kelima ini digelar secara nasional. Even tahunan ini membuka kesempatan bagi seluruh santri yang ada di Propinsi Aceh untuk ikut serta.

Ketua Bidang Pembinaan Umat DPW PKS Aceh, Tgk. H. Adifal Susanto, STP, MSi mengatakan PKS selalu dekat dengan para santri. Salah satu sarananya adalah melalui Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) yang secara rutin dilaksanakan.

“Dengan adanya perlombaan ini, PKS ingin menyampaikan bahwa PKS adalah partai yang dekat dengan para santri. Sebab PKS adalah partai yang konsisten dengan Islam dan peduli terhadap umat,” kata Tgk Adifal pimpinan Dayah di Nagan Raya, Ahad (21/11/2021).

Ketua Panitia Pengarah LBKK, Zaenal Abidin, S.Si menyampaikan bahwa even LBKK diharap mampu melecut semangat belajar para santri hingga mampu membaca dan memahami lebih mendalam ilmu dan kajian berdasarkan kitab kuning yang biasa digunakan dikalangan santri.

“PKS berharap para santri memiliki panggung melalui adanya LBKK ini, baik secara lokal maupun nasional. Juga tentunya dengan adanya kompetisi ini, kemampuan para santri makin terasah. Oleh karenanya, LBKK ini akan terus diadakan kedepan untuk membangun semangat para santri untuk menuntut ilmu,” lanjut Ketua Fraksi PKS DPRA.

Rangkaian kegiatan perlombaan dimulai dengan pendaftaran yang dibuka sejak 20 Oktober hingga 13 November 2021 melalui laman website yang telah disebar panitia ke berbagai dayah dan pesantren. Selanjutnya verifikasi administrasi calon peserta pada tanggal 15 hingga 18 November 2021. Saat ini sudah terdaftar 469 santri baik perorangan maupun mewakili dayah atau pesantren tempatnya menuntut ilmu.

Babak penyisihan dilaksanakan serentak pada 24-28 November 2021 yang akan dibuka oleh seluruh Ketua DPD di seluruh kabupaten dan kota yang diadakan oleh DPD PKS se-Aceh.  Babak final pada 2 Desember 2021. Babak final akan dilaksanakan secara tatap muka yang diambil dari peserta terbaik setiap kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Peserta yang berhak masuk ke babak final akan memperebutkan posisi terbaik pertama hingga ketiga yang akan mendapatkan hadiah dari PKS Aceh. Juara I berhak mendapat 16 juta Rupiah, juara II 14 juta rupiah dan juara III 12 juta rupiah. Sedangkan terbaik pertama berhak mengikuti ajang Lomba Baca Kitab Kuning tingkat nasional. Di tingkat nasional hadiah ratusan juta rupiah dengan hadiah utama berupa Umrah, yang pada LBKK pertama dimenangkan oleh Santri asal Aceh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda