Penulis Abdulrazak Raih Nobel 2021

-

- Advertisment -

Penulis Abdulrazak Raih Nobel 2021

Penulis Tanzania Abdulrazak Gurnah memenangkan Hadiah Nobel 2021 dalam bidang sastra. Penghargaan bergengsi itu diberikan pada Kamis (7/10/2021) oleh Akademi Swedia yang mengatakan “penetrasi tanpa kompromi dan belas kasih Gurnah pada efek kolonialisme dan nasib pengungsi perlu dihargai”.

Lahir di Zanzibar dan berbasis di Inggris, Gurnah adalah seorang profesor di University of Kent, demikian dikutip dari laman Al Jazeera, Kamis (7/10/2021). Gurnah telah menerbitkan 10 novel dan sejumlah cerpen.

Dia terkenal karena novelnya tahun 1994 “Paradise”, berlatar belakang kolonial Afrika Timur selama Perang Dunia Pertama, yang terpilih untuk Booker Prize for Fiction.

Anders Olsson, ketua Komite Nobel untuk Sastra, menyebutnya ia “salah satu penulis pasca-kolonial paling terkemuka di dunia”. Penghargaan bergengsi ini dilengkapi dengan medali emas dan 10 juta kronor Swedia (US$ 1,14 juta).

Gurnah seharusnya menerima Nobel dari Raja Carl XVI Gustaf pada upacara resmi di Stockholm pada 10 Desember 2021. Tetapi upacara tatap muka telah dibatalkan untuk selama dua berturut-turut karena pandemi COVID-19.

Sehingga diganti dengan acara siaran televisi yang menunjukkan para pemenang menerima penghargaan mereka di negara asal masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda