Pendiri PDIP Tutup Usia

-

- Advertisment -

Pendiri PDIP Tutup Usia

Pendiri PDI Perjuangan yang juga  Anggota DPD RI   Sabam Sirait meninggal dunia pada Rabu (29/9/2021) malam di RS Siloam Karawaci.  Kabar meninggalnya Sabam Sirait ini disampaikan oleh Yuke Yurike, Anggota DPRD DKI sekaligus politikus PDI Perjuangan.

Yuke menuturkan Sabam meninggal dunia pukul 22.37 WIB di RS Siloam Karawaci. Sabam yang juga merupakan ayah dari politikus PDIP Maruarar Sirait ini wafat dalam 85 tahun.

“Berita Dukacita. Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga: Bapak SABAM SIRAIT (Ompung Marsahala Doli) (Usia 85 tahun) Rabu 29 September 2021 pukul 22.37 WIB di RS Siloam Karawaci,” tulis Yuke melalui akun Twitter @yukeyurike.

Sabam Sirait merupakan salah satu tokoh penting dalam pendirian PDIP. Peraih penghargaan Bintang Mahaputra Utama ini menjabat sebagai Sekjen PDI selama tiga periode hingga akhirnya menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Pusat PDIP hingga 2008.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketum Persekutuan Gereja Indonesia  Pdt Gomar Gultom yang menyatakan bangsa ini kehilangan salah seorang putra terbaiknya, dengana berpulangnya Sabam Sirait pukul 22.37 WIB (29/9/2021), setelah sekitar dua bulan dirawat intensif di RS Siloam Karawaci.

Saya mengenang beliau sebagai seorang yang mampu hadir sebagai “Imam” di tengah carut marut perpolitikan bangsa. Seorang politisi senior yang konsisten dengan komitmen politiknya untuk menegakkan demokrasi dan memperjuangkan aspirasi rakyat.

Untuk kedua hal ini, beliau tak kenal lelah dan juga tak kenal takut. Masyarakat politik Indonesia sempat menjulukinya “Mr Interupsi”. Betapa tidak, di masa pemerintahan orde baru yang hegemonic itu, dia pernah menginterupsi persidangan MPR-RI, sesuatu yang sangat mengejutkan ketika itu. Kita sama mengetahui bahwa ketika itu berlaku pameo mufakat dulu baru musyawarah untuk MPR, sehingga agenda persidangan selalu bak prosesi yang sudah diatur alur percakapannya, bak Suharto dan kelompencapir.

“Politisi tiga jaman, mulai dari masa Orla, Orba hingga Reformasi, yang menyediakan diri berjuang menegak demokrasi, apapun taruhannya,” tulisnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda