Pejuang HAM Carmel Budiardjo Tutup Usia di London

-

- Advertisment -

Pejuang HAM Carmel Budiardjo Tutup Usia di London

KLIKKABAR.COM, JAKARTA –  Pegiat HAM Carmel Budiardjo meninggal dunia pada Sabtu (10/7/2021) pukul  9 pagi di London, Inggris dalam usia 96 tahun.  Carmel  mengadvokasi berbagai pelanggaran HAM di Indonesia, mulai kasus 1965, Timor Leste, Aceh, serta Papua,

Twitter TAPOL – organisasi yang didirikan Carmel – dalam cuitannya menyebutkan “Dengan kesedihan besar, kami sampaikan meninggalnya Carmel Budiarjo, pendiri kami, pada Sabtu pagi pukul 09:00.”

Carmel melalui TAPOL – singkatan dari Tahanan Politik – mengampanyekan dan mengadvokasi berbagai dugaan pelanggaran HAM berat di Indonesia. TAPOL mendokumentasikan peristiwa Tanjung Priok pada 1984, kekerasan dan pelanggaran HAM di Aceh hingga Timor Leste.

Di masa pemerintahan Orde Baru, Carmel dan organisasinya dianggap sebagai pihak yang selalu menghembuskan kabar negatif tentang Indonesia di panggung internasional.

Informasi yang dihimpunnya seringkali bertolak belakang dengan sikap resmi pihak berwenang Indonesia dan belum tentu boleh diwartakan di dalam negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda