Mengapa Anak Bebek Berenang di Belakang Induknya?

-

- Advertisment -

Mengapa Anak Bebek Berenang di Belakang Induknya?

Peneliti mengungkap  alasan anak bebek berenang di belakang induknya dalam Journal of Fluid Mechanics edisi 10 Desember.

Anak-anak bebek berenang di belakang induknya untuk menghemat tenaga. Mereka memanfaatkan ombak yang dibelah induknya yang berenang di depan.  Penelitian mempelajari berapa banyak tenaga yang dihabiskan bebek saat berenang. Penelitian itu menunjukkan bahwa anak-anak bebek menghemat tenaga saat berenang di belakang ibunya.

Ilmuwan angkatan laut yang bekerja di Universitas Strathclyde Glasgow, Skotlandia Zhiming Yuan membuat simulasi komputer dari gelombang yang dihasilkan unggas saat berenang.  Yuan dan timnya menghitung bahwa anak-anak itik yang berenang di belakang induknya lebih mudah berenang. Berbeda ketika dengan berenang sendiri, maka tenaga yang diperlukan lebih besar untuk menghasilkan ombak.

“Ini disebut hambatan gelombang, dan ini menahan gerakan anak bebek saat berenang. Tapi hambatan gelombang terbalik untuk bebek yang berada di sweet spot (di belakang induknya). Mereka merasakan dorongan bukannya tarikan,” demikian keterangan yang dikutip dari laman sciencenewsforstudents, Selasa (16/11/2021).

Anak-anak bebek berbagi ombak dengan saudaranya yang lain di belakangnya. Jadi seluruh anak bebek seolah mendapat tumpangan gratis dari ombak yang diciptakan induknya.  Jika terlambat berenang mengikuti induknya, maka jauh tertinggal karena ketinggalan tumpangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda