Makna Logo Hari Pahlawan 2021

-

- Advertisment -

Makna Logo Hari Pahlawan 2021

‘Pahlawanku Inspirasiku’  adala tema Hari Pahlawan pada 10 November 2021. Peringatan Hari Pahlawan didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur dan ditandatangani oleh Presiden Soekarno. Keputusan ini untuk mengenang jasa pahlawan dan tragedi 10 November 1945 di Surabaya.

Mengutip dari situs Kemensos, tema Hari Pahlawan 2021 yaitu ‘Pahlawanku Inspirasiku’ untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tujuan tema ini adalah untuk membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Tema ini ingin agar seluruh elemen bangsa turut memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Logo Hari Pahlawan 2021 memuat unsur bambu runcing, bendera merah putih, dan tulisan tema. Logo tersebut mengandung sejumlah makna, mulai dari bambu runcing yang merupakan senjata sederhana yang digunakan para pejuang kemerdekaan.

Senjata ini merupakan simbol keberanian para pahlawan menghadapi kolonialisme. Selanjutnya, merepresentasikan pahlawan sebagai sosok yang mengorbankan kenyamanan hidupnya agar orang lain bisa mendapatkan kenyamanan seperti dirinya. Pahlawan adalah sosok yang senang dalam menolong orang lain.

Buku merupakan simbol dari sumber inspirasi generasi masa kini untuk mengetahui kisah heroik dari para pahlawan. Lewat buku generasi sekarang bisa melakukan nampak tilas perjuangan mereka.

Buku sumber inspirasi bagi para pahlawan dalam menggagas kebangsaan Indonesia.

Bendera merah putih merupakan simbolisasi dari sebuah bangsa dan negara yang dulu para pahlawan perjuangkan. Sebuah warisan yang kita harus jaga dengan mewujudkan tujuan bernegara: melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Kepalan tangan simbolisasi dari keteguhan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Diharapkan generasi sekarang bisa memiliki keteguhan yang sama dalam mempetahankan kemerdekaan Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda