Kenali Gejala Kronis Kencing Manis Saat Tidur

-

- Advertisment -

Kenali Gejala Kronis Kencing Manis Saat Tidur

Gejala diabetes tipe 2 bisa muncul saat tidur bisa menjadi tanda Anda mengalami kondisi kronis. Komunitas diabetes global menyatakan gula darah yang tidak terkontrol dapat mengganggu tidur.  Diterbitkan dalam jurnal medis Diabetes Care, 40 orang dengan diabetes tipe 2 memiliki kebiasaan tidur yang dinilai selama enam malam.

Dilansir dari Express, Rabu (29/9/2021) pada saat yang sama, peserta memberikan sampel darah agar para peneliti dapat menganalisis kadar insulin dan glukosa. Data mengungkapkan yang sulit tidur seperti insomnia, memiliki kadar glukosa 23% lebih tinggi di pagi hari. Selain itu, mereka memiliki kadar insulin 48% lebih tinggi.

“Angka-angka ini berarti bahwa orang yang kurang tidur dengan diabetes memiliki resistensi insulin 82% lebih tinggi daripada orang yang tidur normal dengan diabetes,”  ucap peneliti.

“Ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas tidur pada penderita diabetes akan memiliki efek menguntungkan yang sama seperti obat anti-diabetes yang paling umum digunakan,” tambah Rekan penulis studi, Eve Van Cauter.

Orang yang kurang tidur secara teratur cenderung merasa lelah sepanjang hari. Komunitas diabetes global menyatakan kadar gula darah yang tinggi bisa membuat kurang nyaman tidur.

Kondisi ini juga membuat merasa terlalu panas atau mudah tersinggung dan gelisah. Tidur juga dapat terganggu oleh gejala umum lain dari diabetes tipe 2 yakni sering ke toilet pada malam.

Saat tubuh mencoba mengeluarkan kelebihan glukosa melalui urine, ini dapat mengganggu tidur seseorang. Penderita diabetes bisa terbangun beberapa kali sepanjang malam untuk buang air kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda