Jokowi: Papua Miliki Stadion Terbaik di Asia Pasifik

-

- Advertisment -

Jokowi: Papua Miliki Stadion Terbaik di Asia Pasifik

Jokowi  membuka PON  XX 2021 Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021) malam.  Dalam sambutan, Jokowi menyampaikan perasaannya ketika melihat upacara pembukaan tersebut. 

“Perasaan saya dan perasaan saudara pasti sama, kita bangga berada di Tanah Papua, dan kita bangga berada di Stadion terbaik di Asia Pasifik ini,” kata Jokowi di podium. 

Menurut Jokowi, PON di Papua bisa menunjukan bahwa pembangunan di Papua terus terjadi.  Jokowi memastikan bahwa program pembangunan infrastruktur di Papua akan terus dilakukan pemerintah, baik pembukaan akses transportasi hingga pada peningkatan sumber daya manusia. 

“Pekan Olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukan kesiapan infrastruktur Papua,” kata Jokowi. 

 Jokowi mengingatkan bahwa pelaksanaan PON bukan hanya semata untuk meningkatkan prestasi olahraga, namun lebih sebagai alat pemersatu bangsa. 

“PON ini juga punya makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON ini adalah panggung persatuan, panggung kebersamaan,” tutur Jokowi. 

Edo Kondologit, Michael Jakamirelena dan Nowela, mengawali rangakain acara Upacara Pembukaan PON XX 2021 Papua, di Stadion Lukas Enembe. Ketiga penyanyi asal Papua tersebut membawakan lagu “Aku Papua” dengan diiringi para penari kolosal yang menggunakan pakaian adat Papua. 

Usai penampilan ketiga artis, acara dilanjutkan dengan parade atlet  yang dibuka oleh Kontingen Aceh. Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika, menjadi empat lokasi penyelenggaraan PON XX. 

Total akan ada 36 pertandingan dengan 56 disiplin yang dipertandingkan selama PON XX Papua. Total ada 6.422 atlet yang ikut serta untuk merebut 681 medali emas.  Pertandingan cabang olahraga PON XX 2021 Papua sudah dimulai sejak 22 September 2021, dan akan berakhir pada 15 Oktober 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda