Aceh Setiap Tahun Silpa, Penyebabnya Terungkap

-

- Advertisment -

Aceh Setiap Tahun Silpa, Penyebabnya Terungkap

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH  –  Akademisi Universitas Abulyatama Aceh Usman Lamreung dalam diskusi publik  “Kemiskinan, Dana Refocusing dan KPK di Aceh”  Senin (26/7/2021) di Banda Aceh mengatakan bahwa situasi Aceh tidak sedang baik. Menurutnya kehadiran KPK jangan hanya berwisata ke Aceh. Setelah melakukan penyelidikan bulan yang lalu, tidak ada informasi tindak lanjut.

“Kehadiran KPK di Aceh penting untuk menguak penyelewengan dana di Aceh. Kemiskinan terus terjadi karena perencanaan yang salah di Aceh. Indikasi korupsi di mana-di mana. Penyelidikan KPK memang butuh waktu. Tapi jangan juga KPK hanya berwisata ke Aceh. Tidak ada follow up tindak lanjut dari penyelidikan,”  jelas Usman Lamreung.

Menurutnya, kemiskinan Aceh ini sangat terkait dengan pengelolaan keuangan. Di  Aceh silpa setiap tahun karena perencanaan Aceh yang salah maka pengentasan kemiskinan tidak terencana.

Ini bisa di usut, karena roda pemerintah Nova Iriansyah berjalan tidak sesuai dengan Qanun RPJM Aceh. Berdasarkan fakta tersebut, seharusnya DPRA harus mengajukan Mosi Tidak Percaya kepada Gubernur. Karena menjalankan roda pemerintah dari Aceh Hebat menjadi Aceh Bereh.

Usman menguraikan bahwa tingkat kemiskinan Aceh tidak turun-turun, pengangguran tinggi, penyaluran dana refocusing tidak transparan, karena tidak fokus pemerintah Aceh tidak jelas saat ini. Ditambah komunikasi publik pemerintah Aceh buruk sekali.

Usman mengingatkan Kejaksaan dan Polda Aceh untuk serius juga menuntaskan kasus dugaan korupsi di Aceh. Masyarakat Aceh menunggu kinerja kedua lembaga ini, terutama mengusut tuntas dugaan korupsi wastefel tahun 2020 dan dugaan beasiswa yang melibatkan eksekutif dan legislatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda