21 Agustus Hari Masjid Sedunia Saat Masjid Aqsha Dibakar

-

- Advertisment -

21 Agustus Hari Masjid Sedunia Saat Masjid Aqsha Dibakar

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH –  Hari ini 21 Agustus ditetapkan sebagai Hari Masjid Sedunia oleh OKI.  Tanggal 21 Agustus dijadikan Hari Masjid Sedunia  merujuk pada tanggal pembakaran Masjid  Aqsha.

Bagaimana sejarah penetapan Hari Masjid Sedunia? Berikut ini catatan dari  Munawar Liza Zainal yang pernah kuliah di Mesir dan mantan Wali Kota Sabang yang dikutip dari FB-nya.

Namanya Michael Dennis Rohan, seorang zionist yang menetap di Australia. Dia datang dengan visa turis mengunjungi kota Al Quds. Pagi tanggal 21 Agustus tahun 1969, dia  ke Mesjidil Aqsha dengan membawa bensin, menyalakan api membakar mimbar di dalam mesjid. Beberapa hari sebelumnya, dia mencoba membakar Mesjid, tetapi  gagal.

Api langsung menyambar mimbar tua yang berumur 900 tahun hadiah dari Salahuddin Al Ayyubi, dan terkenal dengan nama Mimbar Salahuddin. Kebakaran menjalar sampai seluas 1500 meter persegi, termasuk menghanguskan altar nabi Zakaria dan meruntuhkan atap Mesjid.

Saat kebakaran, air terputus, mesin pompa air tidak berfungsi, pemadam yang datang dari kota lain tidak bisa masuk. Banyak pihak menduga itu kesengajaan dari pihak Israel.

Dua hari kemudian dia ditangkap. Tidak lama kemudian setelah pengadilan, dia dilepas dan dideportasi ke Australia dengan alasan kemanusiaan bahwa dia sakit jiwa dan perlu perawatan lebih lanjut bersama keluarganya.

Pembakaran Mesjidil Aqsha ini menimbulkan kemarahan jutaan ummat Islam yang ada di seluruh dunia. Demonstrasi menentang kekerasan atas qiblat pertama ummat Islam ini terjadi di mana-mana. Negara-negara Islam mengirim protes kepada PBB, dan disahuti dengan resolusi Dewan Keamanan No. 271, yang mengutuk Israel.

Membakar tempat ibadah adalah kejahatan yang luar biasa. Hari pembakaran atas Mesjidil Aqsha kemudian ditetapkan oleh OKI sebagai Hari Mesjid Se-dunia.  21 Agustus 1969 – 21 Agustus 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda