Pengemis Online Marak di Medsos

-

- Advertisment -

Pengemis Online Marak di Medsos

KLIKKABAR.COM – Fenomena pengemis online saat ini meramaikan dunia maya. Aksi tersebut dibumbui dengan sedikit cerita tentang nasib atau keadaan yang dialami sembari menyelipkan nomor rekening.

Pakar media sosial, Ismail Fahmi pun buka suara tentang kejadian tersebut. Fenomena itu dikatakannya terjadi karena para oknum ingin memanfaatkan momen wabah corona dan lebaran.

Selain itu, bukan pula akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) seperti yang beredar di media sosial.

“Kalau saya lihat, (mereka) memanfaatkan situasi, bukan karena PHK. Fenomena itu akan terjadi sampai kapan pun. Pelaku hanya mencari topik, sifatnya seperti social engineering di mana pelaku menyentuh emosi orang, daya tarik, dan belas kasihan dari segi sosial,” jelas Ismail dikutip dari laman Wartaekonomi, Sabtu (30/5).

Ismail menilai bahwa para pelaku ‘pengemis online’ ini melemparkan umpan lalu mengandalkan segi keuntungan; apakah ada orang-orang yang terpancing?

Penipuan serupa dapat terjadi melalui pesan singkat ataupun pesan lewat WhatsApp, di mana pelaku memiliki daftar calon ‘korban’.

“Orang Indonesia itu terkenal nomor satu di dunia filantropi, suka memberi itu bagus. jadi mudah tersentuh. Inilah yang para oknum manfaatkan,” tambah Ismail.

Para pengemis daring itu mengunggah nomor rekening dan sedikit cerita tentang PHK yang menimpanya. Yang mana kemudian mengundang respons dari para pengguna media sosial lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda