Nurhadi Mantan Sekretaris MA dan Menantunya Ditangkap KPK

-

- Advertisment -

Nurhadi Mantan Sekretaris MA dan Menantunya Ditangkap KPK

KLIKKABAR.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilaporkan berhasil menangkap mantan Sekretaris Mahmakah Agung (MA), Nurhadi (NHD) dan menantunya Rezky Herbiyono (RH), Senin (1/6) malam.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam keterangannya kepada Antara mengatakan, NHD dan RH ditangkap di sebuah rumah di kawasan Simprug, Jakarta Selatan.

“Saat penggeledahan di sana ada tersangka NHD dan RH beserta istri dan anak-anaknya serta pembantu,” katanya.

Saat ini, kedua tersangka telah dibawa ke gedung KPK untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan istri Nurhadi, Tin Zuraida juga turut dibawa ke gedung KPK, diperiksa sebagai saksi.

NHD dan RH ditetapkan pada 16 Desember 2019 sebagai tersangka penerima suap dan gratifikasi senilai Rp46 miliar terkait pengurusan sejumlah perkara di MA sedangkan HS ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap.

Ketiganya telah dimasukkan dalam status Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak 11 Februari 2020. Sementara untuk tersangka Hiendra, Nawawi mengharapkan yang bersangkutan segera menyerahkan diri.

“HS belum ditemukan dan berharap segera menyerahkan diri. KPK akan terus memburunya,” ungkapnya.

Nurhadi dan Rezky ditetapkan sebagai tersangka penerima suap dan gratifikasi senilai Rp46 miliar terkait pengurusan sejumlah perkara di MA sedangkan Hiendra ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap.

Penerimaan tersebut terkait pertama, perkara perdata PT MIT melawan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) (Persero) pada 2010.

Tersangka NHD melalui RH dalam rentang Oktober 2014-Agustus 2016 juga diduga menerima sejumlah uang dengan total sekitar Rp12,9 miliar terkait dengan penanganan perkara sengketa tanah di tingkat kasasi dan PK di MA dan permohonan perwalian.

Penerimaan-penerimaan tersebut, tidak pernah dilaporkan oleh NHD kepada KPK dalam jangka waktu 30 hari kerja terhitung sejak tanggal penerimaan gratifikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda