Unsyiah Tuan Rumah IMT-GT Uninet 2019

-

- Advertisment -

Unsyiah Tuan Rumah IMT-GT Uninet 2019

Unsyiah menjadi tuan rumah Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle University Network (IMT-GT Uninet) Strategic Action Plan. Kegiatan ini berlangsung 5-6 September 2019 di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh yang diikuti 16 perguruan tinggi dari tiga negara tersebut. (Istimewa)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dipercayakan menjadi tuan rumah pelaksanaan workshop kelompok Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle Network (IMT-GT Uninet) 2019.
Pertemuan forum ini berlangsung pada 5-6 September 2019, di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh. IMT-GT Uninet adalah kerja sama antar universitas di tiga negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Thailand.
Rektor Unsyiah, Samsul Rizal mengatakan pertemuan ini dilakukan untuk merevitalisasi eksistensi University Network (Uninet) yang merupakan salah satu simpul kerja program IMT-GT. Pertemuan yang dinamakan IMT-GT Uninet Strategic Action Plan (2017-2021) ini lanjutnya, bagian dari evaluasi rencana aksi strategis yang telah dilakukan sejak tahun 2017 lalu.
“Dari kegiatan ini, kami dapat mengetahui pencapaian program yang akan dilaksanakan bersama untuk dua tahun selanjutnya,” ujar Samsul dalam siaran pers diterima Klikkabar.com, Sabtu (7/9/2019).
Ia menuturkan pertemuan IMT-GT Uninet adalah bagian dari upaya memperluas jaringan kerja sama pengajaran dan penelitian. Dari pertemuan ini diharapkan dapat mendorong pertukaran ide antara mahasiswa dan akademisi yang tergabung dalam forum ini.
Ketua Kantor Urusan Internasional Unsyiah, Dr. Muzailin Affan, M.Sc., mengatakan pertemuan tahun ini diikuti 28 peserta dari 16 universitas. Dari Indonesia tercatat 9 universitas, yaitu Unsyiah, Universitas Malikussaleh, Universitas Sumatra Utara, Universitas Riau, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Andalas, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Bengkulu, dan Universitas Lampung.
Dari Malaysia 3 universitas, yaitu Universitas Teknologi MARA (UiTM), Universitas Malaya (UM), dan Universitas Malaysia Perlis (UniMAP). Sementara dari Thailand tercatat 4 universitas, yaitu Universitas Pangeran Songkla, Universitas Thaksin, Universitas Walailak, dan Universitas Rajamangala.
Dalam pertemuan ini juga dilakukan penandatanganan MoU kerja sama antara anggota Uninet Indonesia dengan Fig Direct SDN BHD untuk project superfruits. Mereka juga mengunjungi lokasi pembibitan pohon tin yang berada di Unsyiah. []
MUHAMMAD FADHIL

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda