Kos Kotak Tak Manusiawi di Jakarta Ditutup

-

- Advertisment -

Kos Kotak Tak Manusiawi di Jakarta Ditutup

Kos-kosan kotak di Johar Baru, Jakarta Pusat. (Foto: Katadata)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Publik tiba-tiba dihebohkan dengan hunian atau kos-kosan yang menyerupai kotak (box) yang memiliki ukuran 1×2 meter di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat.
Kos-kosan ini viral dalam beberapa hari terakhir lantaran ukurannya yang sangat kecil dan dibanderol dengan harga Rp 300 hingga 400 ribu per bulan. Bahkan bisa bayar harian Rp 50 ribu.
Rumah kos ini terdiri dari tiga lantai, di mana kamar kos nya sendiri berada pada lantai dua dan tiga. Dengan total 60 kamar yang tersedia, kos-kosan box ini disediakan untuk pria dan wanita.
Fasilitas yang disediakan oleh pemilik kos berupa satu AC 2PK di setiap lantai serta satu buah kasur. Rumah kos ini ramai diminati lantaran harganya yang terjangkau dan lokasinya di pusat kota.
Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi langsung datang ke lokasi menyidak rumah kos yang sedang viral itu, Senin (2/9/2019).
Bersama dengan aparat Satpol Pamong Praja dan Dinas Cipta Karya DKI Jakarta, rumah kos ini segera ditertibkan lantaran tidak berizin.
“Semua ini tidak ada izin. Cipta Karya akan membuat surat teguran kepada pemilik karena ini tidak layak dan dalam 1-2 hari ini agar ditutup. Kalau tidak ini nanti di-police line,” kata Irwandi dilansir laman Detik saat ditemui di lokasi.
Irwandi bilang izin rumah indekos box ala apartemen mini Hong Kong ini tak ditemukan di Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta. Selain itu, ukurannya yang cuma 2×1 meter dinilai tak layak untuk menjadi rumah kos seperti pada umumnya.
“Ini katanya kos-kosan katanya ala model Taiwan. Tapi Taiwan juga nggak begini. Ini kos-kosan tidak manusiawi. Di PTSP tidak ada izin pembangunan cipta karya, dan kita juga koordinasikan dengan pak lurah juga, camat, pak rw, karena tidak layak akan segera kita tutup,” jelas Irwandi.

Lihat Juga: Satu Ton Ganja Aceh Gagal Dikirim ke Jakarta
Kualitas Udara Jakarta Nomor 2 Terburuk di Dunia
Secangkir Kopi di Jakarta Lebih Mahal dari Roma

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda