Home / BERITA TERBARU / Terpanjang di Papua, Jembatan Youtefa Diresmikan Jokowi

Terpanjang di Papua, Jembatan Youtefa Diresmikan Jokowi

Jembatan Youtefa, di Kota Jayapura, Papua, yang diresmikan Presiden Jokowi, Senin (28/10). [Foto: Kementerian PUPR]

KLIKKABAR.COM – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo meresmikan Jembatan Youtefa (sebelumnya bernama Jembata Holtekam, red) di atas Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua, Senin (28/10) siang.

Dilansir dari laman Aspek.id, kedatangan Presiden di Jembatan Youtefa disambut dengan Tarian Youtefa Kampung Enggros Tobati. Jembatan Youtefa merupakan jembatan tipe pelengkung baja terpanjang di Papua yang terletak di atas Teluk Youtefa yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan dan pemasangan bentang utama jembatan sepanjang 433 meter , konstruksi jembatan pendekat sisi Holtekamp sepanjang 600 meter, dan jalan akses Jembatan Youtefa sepanjang 9.950 meter.

Sementara Pemerintah Kota Jayapura menyelesaikan pembangunan jalan pendekat sisi Hamadi sepanjang 320 meter. Pembangunannya dikerjakan konsorsium kontraktor PT Pembangunan Perumahan, PT Hutama Karya dan PT Nindya Karya dengan total anggaran Rp1,8 triliun.

Dengan diresmikannya Jembatan Youtefa, waktu tempuh Kota Jayapura menuju PLBN Skouw akan lebih cepat dari 1,5 hingga 2 jam menjadi 30-40 menit. Pengembangan selanjutnya dari kawasan sekitar Jembatan Youtefa adalah untuk wisata air karena didukung dengan pemandangan teluk dan perbukitan.