Home / BERITA TERBARU / Jokowi Pilih Papua Jadi Kunker Perdana di Periode Kedua

Jokowi Pilih Papua Jadi Kunker Perdana di Periode Kedua

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana disambut Tarian Tumbu Tanah saat tiba di Pegunungan Arfak, Papua Barat, Minggu (27/10/2019). [Foto: BPMI Setpres RI]

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kota Sorong, Papua Barat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (26/10/2019).

“Kami menginap di Kota Sorong malam ini, untuk melanjutkan agenda kerja esok hari,” tulis Presiden Jokowi melalui akun twitternya @jokowi.

Kepala Negara menegaskan, pemerintah terus berkomitmen memajukan Papua, baik di bidang fisik maupun sumber daya manusia.

Dilansir dari Aspek.id, kunjungan ke Provinsi Papua dan Papua Barat ini merupakan kunjungan kerja pertama Presiden Jokowi pasca pelantikan sebagai Presiden ri Periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019 lalu.

Kunjungan ini juga menunjukkan keseriusan pemerintah untuk terus berkomitmen memajukan Papua baik di bidang fisik maupun sumber daya manusia (SDM).

Turut menyertai Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan dan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Fadjroel Rahman.

Dalam kunjungannya ke Provinsi Papua Barat dan Papua ini, Presiden Jokowi dijadwalkan akan mengunjungi Kota Sorong, Manokwari, Pegunungan Arfak, Kaimana, Wamena, Jayapura.

Setelah itu, Presiden Jokowi akan melanjutkan kunjungannya ke Kota Ambon (Maluku) dan Palu (Sulawesi Tengah). Salah satu agenda penting dalam kunjungannya ke Papua adalah meresmikan Jembatan Holtekamp di Kota Jayapura yang membentang sepanjang 732 meter di atas perairan Teluk Youtefa, pada Senin (28/10).

Jembatan Holtekamp itu diharapkan menjadi pendukung ekonomi masyarakat, karena ini memotong jalur dari Hamadi, dan mempercepat waktu tempuh dari Jayapura ke Muara Tami dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw.