Home / BERITA TERBARU / Ada 300 Calon Menteri, Jokowi Buka-bukaan Soal Beratnya Susun Kabinet

Ada 300 Calon Menteri, Jokowi Buka-bukaan Soal Beratnya Susun Kabinet

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo buka-bukaan terkait pemilihan dan penetapan calon menteri Kabinet Indonesia Maju saat menghadiri Musyawarah Besar X Ormas Pemuda Pancasila di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Ia mengatakan, dalam seminggu ini ia bersama Ma’ruf Amin sibuk membentuk kabinet dan mengangkat menteri dan wakil menteri.

Menurutnya, penentuan menteri Kabinet Indonesia Maju merupakan sebuah pekerjaan yang sangat berat.

Ia mengatakan, ada 300 nama yang diajukan untuk menjadi menteri kabinet, sedangkan jumlah kementerian berdasarkan undang-undang paling banyak hanya 34.

“Itulah meritokrasi, ada yang terpilih, ada yang tidak terpilih karena memang melalui sistem seleksi,” katanya

Ia dan wapres Ma’ruf harus mempertimbangkan keterwakilan sejumlah aspek seperti latar belakang agama, suku, asal daerah, partai politik, dan lainnya.

“lebih dari 266 orang pasti kecewa. artinya yang kecewa pasti lebih banyak dari yang senang dan mungkin juga sebagian dari yang hadir ada yang kecewa. Jadi saya mohon maaf tidak bisa mengakomodir semuanya karena tempatnya hanya 34,” tutur Jokowi di hadapan para peserta dan tamu undangan di acara Musyawarah Besar X Ormas Pemuda Pancasila, yang juga ikut hadir Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang.