Home / ACEH / Dinas ESDM Aceh Berikan Pemahaman Mitigasi Bencana Geologi untuk 500 Siswa

Dinas ESDM Aceh Berikan Pemahaman Mitigasi Bencana Geologi untuk 500 Siswa

Istimewa

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh melaksanakan kegiatan sosialisasi mitigasi bencana geologi bagi 500 siswa pada 3 sekolah di Banda Aceh, Aceh Jaya dan Aceh Barat. Kegiatan itu berlangsung 8 s.d 10 Oktober 2019.

Kegiatan tersebut diberi nama “Geomobil”. Geomobil merupakan kegiatan Mitigasi Bencana Geologi di Dinas ESDM Aceh untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama siswa-siswa sekolah terhadap bencana geologi.

Kabid Geologi dan Air Tanah Dinas ESDM Aceh, Khairil Basyar, ST, MT, Kamis (10/10/2019) menyebutkan, kegiatan Geomobil ini dilakukan dengan menggunakan satu unit mobil minibus yang telah dimodifikasi khusus, sehingga di dalamnya terdapat perpustakaan mini, bahan ajar, permainan dan perlengkapan sarana simulasi bencana geologi.

Selain itu, juga tersedia perangkat audio visual untuk menjelaskan bagaimana cara meminimalisasi risiko jatuhnya korban di saat terjadinya bencana geologi seperti gempa bumi, tanah longsor, letusan gunung api dan bencana geologi lainnya dengan metode yang menarik, menyenangkan serta mudah dipahami oleh para siswa sekolah dan masyarakat.

“Tiga sekolah yang dilaksanakan kegiatan ini adalah SDN 41 Banda Aceh, SDN 5 Krueng Sabee Aceh Jaya dan SDN 14 Meulaboh. Dinas ESDM Aceh melalui Bidang Geologi dan Air Tanah melaksanakan kegiatan ini dengan berkunjung ke sekolah-sekolah tersebut,” kata Khairil Basyar.

Materi yang disampaikan, antara lain penjelasan ilmiah tentang dinamika geologi yang terjadi di planet bumi, bencana geologi yang berpotensi terjadi di sekitar mereka dan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko bencana geologi yang mungkin terjadi tersebut.

“Penyampaian materi dilakukan dengan metode belajar sambil bermain, ditambah dengan eksperimen-eksperimen, sehingga anak-anak mudah memahami materi yang sangat kompleks tentang geologi, mereka sangat serius dan antusias mengikuti tahapan-tahapan kegiatan ini,” tutur Khairil.

Istimewa

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM Aceh, Ir. Mahdinur, MM menjelaskan, melalui kunjungan yang dilakukan ini, diharapkan Geomobil dapat lebih mudah mencapai kelompok sasaran. Peserta kegiatan Geomobil adalah seluruh siswa dan guru di sekolah tersebut.

Sebagaimana diketahui, kata Mahdi, Aceh merupakan daerah yang rawan terjadi bencana geologi seperti gempabumi, tsunami, likuifaksi, tanah longsor, banjir bandang dan letusan gunungapi.

Menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi dampak bencana adalah dengan memberikan pemahaman tentang potensi bencana geologi yang mungkin terjadi.

“Dinas ESDM Aceh mempunyai salah satu tugas untuk melakukan sosialisasi mitigasi bencana geologi dan penyebarluasan informasi bahaya bencana geologi kepada masyarakat,” tutur Mahdi. [MF]