Home / ACEH / Dinas ESDM Aceh Susun RUKA 2019-2039

Dinas ESDM Aceh Susun RUKA 2019-2039

Istimewa

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Dinas Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh menggelar Kick-Off Meeting Penyusunan Rencana Umum Ketenagalistrikan Aceh Tahun 2019-2039 di Aula Dinas setempat di Banda Aceh, Kamis (3/10/2019).

Rapat itu dihadiri perwakilan dari PLN, ICED-USAID, Fakultas Teknik Unsyiah dan Dinas ESDM Aceh. Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Kelistrikan memaparkan secara umum tentang RUKA. Lalu, dilanjutkan dengan diskusi.

Baca Juga[Foto] Mereka yang Berjuang Agar Listrik Tetap Hidup

Kapala Bidang Energi dan Kelistrikan Dinas ESDM Aceh, Dedi Muhammad Roza, ST, M.Si menyebutkan, pelakasanaan Kick Off meeting Rencana Umum Ketenagalistrikan Aceh untuk melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, sehingga penyusunan RUKA dapat dilaksanakan.

RUKA ini, kata Dedi, merupakan rencana sistem penyediaan tenaga listrik yang disusun oleh Pemerintah Aceh yang meliputi bidang pembangkitan, transmisi, dan distribusi tenaga listrik yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik di wilayah Aceh.

“RUKA merupakan amanat UU No.30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan yang menyebutkan kewenangan Pemerintah Daerah menetapkan Rencana Umum Ketenagalistrikan Daerah (RUKD) Provinsi. Di Aceh RUKD ini kita ganti menjadi RUKA,” jelas Dedi.

Dedi menjelaskan, rapat kick off meeting ini berupa pemaparan umum mengenai RUKA pada semua stakeholder terkait. Kemudian, dilanjutkan dengan diskusi mengenai metode agar penyusunan RUKA ini dapat terealisasi tepat waktu hingga Desember 2019.

“Harapan dengan adanya rapat ini agar draft rancangan RUKA dapat diselesaikan tepat waktu,” ujarnya.

Baca JugaPemerintah Komitmen Tingkatkan Proporsi Energi Baru Terbarukan

Dedi menambahkan, proses kegiatan penyusunan RUKA berupa koordinasi dengan stakeholder terkait dengan masalah ketenagalistrikan di Aceh yaitu pemerintah, pemerintah daerah, PLN, akademisi, dan lain sebagainya.

Selain itu, juga melakukan proses mencari data dan memilah data yang dibutuhkan untuk proyeksi kebutuhan listrik di Aceh untuk masa 20 tahun ke depan yang meliputi data kebutuhan listrik Aceh, PDRB dan pertumbuhan ekonomi.

“Proses RUKA ini juga melakukan proyeksi (forcasting) ketersediaan listrik dan kebutuhan listrik Aceh untuk 20 tahun ke depan dan membuat naskah rancangan RUKA yang akan ditetapkan menjadi suatu naskah/dokumen yang akan ditetapkan menjadi regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah Aceh,” katanya. []