Home / ACEH / SPMA Tolak RUU KPK

SPMA Tolak RUU KPK

Koordinator Sekolah Pemimpin Muda Aceh Wilayah Barat Selatan (SPMA-Barsela) Misran. (Istimewa)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Koordinator Sekolah Pemimpin Muda Aceh Wilayah Barat Selatan (SPMA-Barsela) Misran menyebutkan rencana revisi UU KPK akan membuat pejabat kebal hukum.

Misran mengutarakan bahwa cukup banyak sekarang para pejabat pemerintah kerap tersandung kasus korupsi dan upaya untuk mengesahkan RUU KPK merupakan jalan yang aman untuk berkorupsi bagi para pejabat pemerintah.

“Kita tau bahwa jika RUU KPK jika nanti disahkan, merupakan jalan yang aman bagi para koruptor untuk menghabiskan uang negara dengan tanpa pertimbangan apapun, pasalnya RUU KPK sekarang sangat tidak efektif,” kata Misran dalam siaran pers kepada Klikkabar.com, Kamis (12/9/2019).

Mantan Wakil Presiden Mahasiswa (Wapresma) UIN Ar-Raniry ini menilai, KPK harus menjadi lembaga yang berdiri tegak tanpa pengaruh siapapun.

“KPK tidak bisa dipeto dengan negosiasi apapun dan tidak gampang dikendalikan oleh oknum,” ujar dia.

Ia menyebutkan bahwa ada beberapa poin yang bisa melumpuhkan lembaga anti rasuah tersebut, di antaranya seperti adanya dewan pengawas, penyadapan dipersulit dan dibatasi dan kedudukannya ada di bawah kendali pemerintah.

“Jika institusi KPK sudah dicampur aduk oleh orang kepentingan, ini sangat berbahaya menurut saya, KPK bersifat independen sekarang dan harus tetap begitu selamanya, selamatkan lembaga KPK sekarang juga, tolak bersama RUU KPK tanpa alasan lain.”

“Pak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo wajib mengambil sikap atas penolakan RUU KPK yang dinilai melumpuhkan dan melecehkan semangat untuk memberantas korupsi di Indonesia, jangan dibiarkan begitu saja,” pungkasnya. []

MUHAMMAD FADHIL