Home / ACEH / Penalti Menangkan Persiraja saat Lawan PSPS Riau

Penalti Menangkan Persiraja saat Lawan PSPS Riau

Pemain Persiraja, Assanur Rijal melakukan selebrasi usai mencegak gol ke gawang PSPS Riau dalam lanjutan pekan ke-13 Liga 2 di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh, Rabu (28/8/2019) malam. (Ariful Azmi Usman/MO Persiraja)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Sebuah hadiah penalti pada masa injury time babak kedua menjadi penentuan kemenangan Persiraja saat melawan PSPS Riau.

Kedua tim bertanding dalam lanjutan pekan ke-13 Liga 2 2019 di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh, Rabu (28/8/2019) malam.

Dalam laga itu, tim berjulukan Laskar Rencong menang 2-1 atas tamunya PSPS Riau. Gol pertama tuan diciptakan oleh Assanur Rijal pada menit 16. Pemain yang dibesarkan di Aceh United itu mencetak gol lewat sundulan, setelah memanfaatkan umpan Defri Riski.

Sundulan Assanur Rijal ternyata mampu ditepis oleh kiper PSPS, M. Erfan Efendi. Namun sayang gol tetap mengarah ke dalam gawang. Skor 1-0 untuk kemenangan Persiraja bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, PSPS coba bangkit. Serangan demi serangan dibangun. Sejumlah tembakan ke gawang pun dilakukan. Tim asuhan Raja Faisal ini akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 66 lewat kaki Ifrawadi.

Setelah gol itu, tempo permainan semakin cepat. Permainan Persiraja langsung berubah saat Fery Komul dan Tegar Pangestu masuk pada menit 72, menggantikan Ikhwani Hasanuddin dan Zamrony.

Pemain Persiraja melakukan serangan tanpa henti ke gawang PSPS, namun tak berhasil. Justru, tim tamu berpeluang menambah keunggulan menjadi 2-1 pada menit 80 jika kiper Persiraja, Fakhrurrazi tak mampu menepis tendangan pemain depan PSPS.

10 menit jelang pertandingan berakhir, sejumlah peluang didapatkan tuan rumah. Namun, akibat kurang maksimalnya dalam penyelesaian akhir maka gagal menjadi gol. Pada menit 89, publik Lampineung bergemuruh saat tendangan keras Tegar Pangestu dari luar kotak penalti membentur mistar gawang.

Memasuki masa injury time, Persiraja menguasai pertahanan PSPS. Kiper Ismail Hanapi jatuh bangun mengamankan si kulit bundar. Namun, petaka terjadi pada menit 93 saat Defri Riski dijatuhkan oleh Firman Septian.

Wasit M. Erfan Efendi langsung meniup pluit tanda pelanggaran. Hadiah penalti yang diberikan wasit asal Jawa Timur itu mendapat protes keras dari pemain PSPS. Namun, sang pengadil tetap pada keputusannya.

Tegar Pangestu yang maju sebagai eksekutor mampu menyelesaikan tugasnya dengan sempurna. Skor 2-1 berakhir untuk kemenangan Persiraja.

Kemenangan itu menjadikan Persiraja berada di posisi dua klasemen sementara Wilayah Barat dengan koleksi 27 poin. Sementara puncak klasemen masih dikuasai Sriwijaya FC dengan poin sama, namun Persiraja kalah head to head. []

MUHAMMAD FADHIL