Home / BERITA TERBARU / Pendiri Universitas Pertahanan Diusul Jadi Menhan

Pendiri Universitas Pertahanan Diusul Jadi Menhan

Syarifudin Tippe.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Pembina Lembaga Pengawas Kinerja Aparatur Negara (LPKAN) Wibisono merekomendasi Letjen (Purn), Prof. Syarifudin Tippe sebagai figur yang bisa mengisi posisi Menteri Pertahanan di kabinet Jokowi periode 2019-2024.

“Beliau sosok yang cakap dan cocok untuk menggantikan Menhan Jenderal Ryamizard Ryacudu karena saya pernah bekerjasama dengan kedua jenderal ini,” kata Wibisono dalam keterangan  tertulisnya, Kamis (22/8/2019).

Wibisono menerangkan pengalaman di militer dan pengetahuan akademisi, Syarifudin Tippe punya modal jadi menteri. Sebagai pendiri Universitas Pertahanan, jebolan Akabari 1975 itu punya visi terkait platform keamanan nasional.

“Menteri Pertahanan ke depan itu dibutuhkan sosok new leader Jenderal pemikir yang mempunyai visi jauh ke depan,” ungkapnya.

Terkait hal tersebut, Syarifudin Tippe menjawab diplomatis. Ia menekankan dirinya saat ini punya dua modal yaitu sebagai eks prajurit TNI dan akademisi. Jika memang diberikan amanat, maka ia siap menjalankannya.

“Kedua, modal sosial tersebut menjadi basis optimisme saya untuk berkiprah kepada bangsa dan negara,” ujar jenderal Tippe.

Tippe menuturkan perjuangannya mendirikan Universitas Pertahanan. Sebab, saat awal 2008, masih ada hambatan mendirikan Unhan karena terbentur keuangan negara. Namun, bagi dia, Unhan harus tetap direalisasikan.

Upaya yang dilakukannya saat itu ikut melobi seorang profesor di Pentagon, AS untuk mengangkat isu pendirian Unhan. Ketika itu, AS merupakan salah satu negara yang aktif bekerjasama dengan TNI.

“Ternyata dengan lobi informal ini profesor tersebut atas nama Dephan AS siap mendukung penuh, dengan mengalihkan sebagian bantuan keuangan yang diperuntukkan TNI AD ke program pendirian Unhan,”  pungkasnya.