Home / BERITA TERBARU / Jokowi Teken Perpres Mobil Listrik

Jokowi Teken Perpres Mobil Listrik

Presiden Joko Widodo. (Zamzami Ali/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) mengenai kendaraan berbasis listrik pada awal pekan ini, Senin (5/8/2019).

Hal tersebut dikemukakan Kepala Negara usai meresmikan Gedung Sekretariat ASEAN di Nusantara Hall, Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2019).

“Sudah-sudah. Udah saya tanda tangan [Perpres kendaraan listrik] Senin pagi,” kata Jokowi dilansir dari laman CNBC Indonesia.

Disebutkan, ia memiliki harapan besar dengan ditandatanganinya perpres tersebut. Menurutnya, aturan ini bisa menjadi dasar hukum untuk pengembangan kendaraan berbasis listrik.

“Kita ingin mendorong industri otomotif, mau segera merancang, mempersiapkan untuk membangun industri mobil listrik di Indonesia. Kita tahu mobil listrik itu kuncinya ada di baterai,” imbuhnya.

“Sehingga, strategi bisnis negara ini bisa kita rancang agar kita bisa mendahului membangun mobil listrik yang murah, kompetitif, karena bahan-bahan ada di sini,” tambahnya.

Jokowi tak memungkiri bahwa butuh waktu lebih untuk membangun industri kendaraan berbasis listrik. Namun, Jokowi merasa lega karena payung hukum kendaraan berbasis listrik bisa diselesaikan.

“Membangun sebuah industri seperti ini tidak mungkin satu atau dua tahun. Pasti juga akan melihat pasar, melihat pembeli,” pungkasnya.