Home / BERITA TERBARU / Novelis Arswendo Kanker Prostat, Kenali Penyebabnya

Novelis Arswendo Kanker Prostat, Kenali Penyebabnya

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Wartawan dan penulis novel “Keluarga Cemara”, Arswendo Atmowiloto selama dua bulan bergelut dengan kanker prostat.

Dilansir dari Liputan6.com, Arswendo sudah dua kali operasi. Kondisinya yang drop membuatnya harus dilarikan ke rumah sakit.

Ada sejumlah gejala yang menyertai penyakit kanker prostat ini. Agar Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini, tentu saja Anda perlu mengenali tanda-tanda tersebut.

Tidak seperti jenis kanker lainnya, kebanyakan kondisi kanker prostat memburuk perlahan. Seseorang bisa mengalaminya selama bertahun-tahun tanpa adanya gejala tertentu.

Berdasarkan National Health Service UK, 1 dari 5 pria yang kanker prostat dapat mengalami perburukan dengan cepat. Usia rata-rata seorang pria terdiagnosis kanker prostat adalah 66 tahun. Meski begitu, sebanyak 10 persen kasus baru kanker prostat dialami oleh pria yang usianya di bawah 55 tahun.

Kanker prostat stadium awal sering kali tidak menimbulkan gejala dan biasanya ditemukan saat sedang skrining rutin, misalnya tes prostate serum antigen (PSA). PSA adalah salah satu pemeriksaan penunjang yang bisa dilakukan untuk membantu mengidentifikasi keberadaan kanker prostat.

Kenali gejala kanker prostat

Buang air kecil menjadi lebih sering

Sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil

Sulit untuk memulai buang air kecil

Berkemih tidak lancar atau tersendat-sendat

Terdapat darah pada urine (hematuria)

Nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil

Nyeri saat ejakulasi

Sulit mempertahankan ereksi atau disfungsi ereksi

Nyeri atau rasa tidak nyaman saat duduk (akibat pembesaran prostat).

Jika kanker sudah menyebar ke luar kelenjar prostat, seseorang bisa mengalami gejala:

Nyeri punggung, pinggul, paha, bahu, atau tulang lainnya

Pembengkakan di tungkai atau kaki

Penurunan berat badan drastis

Tidak bisa menahan buang air kecil dan buang air besar (jika kanker sudah menyebar ke tulang belakang)

Kelemahan pada tungkai (jika kanker sudah menyebar ke tulang belakang)

Itulah gejala kanker prostat, penyakit yang kini tengah menghinggapi sastrawan Arswendo Atmowiloto. Jenis kanker ini perlu diwaspadai karena pada stadium awal, kanker prostat tidak menimbulkan gejala.

Karenanya, skrining rutin sangat penting terutama jika Anda berisiko tinggi, misalnya ada anggota keluarga yang mengalami kanker prostat. (Klikdokter)