Home / BERITA TERBARU / Bahaya Memutar Leher hingga Berbunyi

Bahaya Memutar Leher hingga Berbunyi

 

Ilustrasi.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Anda harus berhati-hati jika memutar leher hingga berbunyi. Mengapa demikian?

Dalam dunia medis, memutar leher hingga berbunyi tentu tidak diperbolehkan. Jika Anda mengalami ketegangan, kaku, atau pegal di area leher, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

1. Posisi tidur yang tepat

Tidur dengan posisi telungkup dengan kepala ke salah satu sisi bisa jadi membuat otot di sekitar leher menjadi kram dan nyeri. Ubahlah posisi tidur Anda dengan posisi telentang ataupun miring ke salah satu sisi.

2.  Gunakan bantal yang pas

Menggunakan bantal memang dapat menambah kenyamanan dan membantu tubuh dalam posisi anatomis. Namun, bantal yang terlalu tinggi atau terlalu tipis justru dapat membuat leher kaku saat tidur berjam-jam.

Karena itu, carilah bantal dengan ketebalan dan keempukan yang sesuai agar leher terasa nyaman saat tidur.

3. Kurangi Tatap ponsel

Menatap ponsel terlalu lama bukan hanya tidak baik untuk kesehatan mata, tetapi juga cenderung membuat leher pada posisi tidak rileks dalam waktu cukup lama.

Saat menatap ponsel, umumnya leher sedikit menunduk atau mendongak, inilah yang menyebabkan pegal dan nyeri pada leher.

4. Gunakan kompres hangat

Untuk mengurangi nyeri dan pegal, Anda dapat menggunakan kompres hangat pada bagian leher. Kompres selama kurang lebih 15-30 menit untuk membuat otot rileks.

5. Gunakan koyo atau krim pereda nyeri

Saat ini telah banyak produk kesehatan berupa koyo atau krim pereda nyeri yang dapat Anda beli. Menggunakan produk ini dapat membantu Anda mengurangi kram dan nyeri pada leher.

Jika Anda punya kebiasaan memutar leher hingga berbunyi untuk mengusir kekakuan, segera hentikan sekarang.

Akan jauh lebih baik jika Anda menerapkan tips-tips di atas untuk mengusir leher pegal. Jika kekakuan leher menetap bahkan bertambah parah, segeralah memeriksakan diri ke dokter.