Home / BERITA TERBARU / 30 Hoaks Beredar Selama Pembatasan Media Sosial

30 Hoaks Beredar Selama Pembatasan Media Sosial

Ilustrasi media sosial (medsos). (Foto: Pixabay)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menemukan sebanyak 30 hoaks atau berita bohong, yang tersebar selama pembatasan penggunaan media sosial, 22 hingga 25 Mei 2019.

“Temuan kami dalam pemantauan ada 30 hoaks yang dibuat. Hoaks ini bisa dicek di web Kominfo,” kata Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo, Semuel Abrijani dilansir dari laman CNN di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Sabtu (25/5).

Baca Juga: Akses Media Sosial Kembali Normal

Semuel menuturkan hoaks-hoaks itu disebarkan melalui 1.932 URL yang tersebar di Facebook, Instagram, Twitter, dan Link.id. Ia merinci 450 URL berasal dari Facebook, 581 URL dari Instagram, 784 URL dari Twitter, serta satu URL dari Link.id.

Menurutnya, sampai saat ini Kominfo masih terus mengawasi penyebaran hoaks di berbagai media sosial guna menjaga kestabilan. Kominfo juga mengimbau masyarakat yang turut menyebarkan hoaks agar menghapus unggahan tersebut.

“Jadi masyarakat yang menyebarkan berita bohong ini saya mohon untuk diturunkan. Kalau tidak, maksimum remedium itu akan kita jalankan,” jelasnya.

Lihat Juga: 1.645 Konten Hoaks Beredar Terkait Pemilu 2019

Ternyata, Aceh Tinggi Konsumsi Informasi Hoaks

Eks Danjen Kopassus Ditangkap karena Senjata Gelap dari Aceh