Home / BERITA TERBARU / Sahur Lewat? Hadapi dengan Trik ini

Sahur Lewat? Hadapi dengan Trik ini

Ilustrasi makanan.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Apakah Anda melewatkan waktu sahur? Tidak bersahur bukan alasan tidak berpuasa. Masih banyak cara menjaga semangat seharian ketika tidak bersahur.

Berikut ini 5 caranya agar puasa tetap segar bugar meski tak sahur:

  1. Mandi Air Dingin

Penelitian di Inggris dalam jurnal Behavioral and Brain Function melaporkan bahwa mandi air dingin selama tiga menit mampu melawan rasa lemas dan lesu. Tenang, Anda tak perlu mandi pakai air es, kok. Air dengan suhu kira-kira 20 derajat Celsius saja sudah cukup untuk membuat badan dan pikiran jadi lebih segar. Bila Anda mulai merasa lesu di siang atau sore hari, cucilah wajah Anda dengan air dingin.

  1. Selingi Pekerjaan dengan Aktivitas Fisik

Semangat akan cepat hilang kalau melakukan pekerjaan yang itu-itu saja selama berjam-jam tanpa selingan. Jadi setelah bekerja di depan layar komputer selama satu setengah jam misalnya, selingi dengan aktivitas fisik ringan seperti jalan-jalan di sekitar meja atau gedung kantor Anda.

  1. Tidur Siang

Para ahli mengingatkan untuk tidak tidur siang lebih dari 25 menit. Lewat dari itu, jam biologis tubuh malah jadi kacau sehingga Anda tambah lesu. Kali ini jangan lupa pasang alarm supaya tidak kebablasan tidur lagi, ya!

  1. Mendengarkan Musik

Di siang dan sore hari, perut Anda mungkin sudah keroncongan dan Anda merasa sangat kelaparan. Untuk mengusir rasa lapar, dengarkan lagu kesukaan Anda dan jangan lupa ikut bernyanyi. Penelitian dalam Journal of Music Therapy menunjukkan kalau musik membantu pikiran jadi lebih awas dan segar serta membuat tubuh lebih bertenaga.

  1. Lakukan Hal yang Menyenangkan

Di jam-jam yang rawan rasa lapar, usahakan untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai. Maka, aturlah hari Anda supaya strategis. Misalnya pada jam dua siang Anda menjadwalkan meeting dengan rekan-rekan kerja. Maka, di jam itu Anda tak perlu duduk bermalas-malasan di depan layar komputer sambil membayangkan menu buka puasa yang menggoyang lidah. Kuncinya adalah mengalihkan perhatian. (Popular)