Home / BERITA TERBARU / Makan Nasi Bisa Bikin Kurus

Makan Nasi Bisa Bikin Kurus

Ilustrasi nasi. (IST)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Peneliti menemukan penemuan baru tentang nasi. Warga yang mengikuti diet nasi ala Jepang atau Asia kecil kemungkinan mengalami obesitas. Para peneliti mengatakan diet rendah karbo dengan konsumsi rendah nasi adalah penurunan berat badan yang populer.

Karena diet ini hanya memiliki sedikit efek terhadap obesitas. Dilansir Thestar pada Rabu (1/5/2019), para peneliti menemukam sedikit peningkatan pada “konsumsi nasi sebesar 50g per hari per orang”. Hal ini dapat menyebabkan tingkat obisitas di dunia menurun sekitar 1 persen atau dari 650 juta menjadi 643,5 juta.

Kepala penelitian Prof Tomoko Imai dari Doshisha Women’s College of Liberal Arts mengatakan tingkat obesitas rendah bagi negara yang memakan nasi sebagai makanan pokonya. Karena itu makanan Jepang atau asia yang berbasis nasi dapat mencegah obesitas.

Mengingat meningkatnya obesitas di seluruh dunia, maka nasi juga direkomendasikan untuk dimakan di negara barat. Hal ini berlawanan dengan kepercayaan yang sudah beredar. Menurut Prof Imai nasi sebenarnya mengandung sedikit lemak. Ini dikarenakan serat dan nutrisi yang ditemukan dalam nasi membantu kenyang lebih lama.

Para peneliti akhirnya menyimpulkan biasanya negara dengan konsumsi beras yang tinggi, obesitas di negara itu rendah. Menurut ketua obesitas nasional Tam Fry sejak berabad-abad lalu orang asia lebih langsing dibanding orang barat. Ini karena orang Asia kebanyakan memakan nasi. Dibandingkan orang Asia yang makan nasi 50 gram orang-orang di barat hanya mengkonsumsi nasi 12-19 gram/ hari. (Suara)