Home / ACEH / Pengusaha Nasional bagi Trik Bisnis di IKM Aceh

Pengusaha Nasional bagi Trik Bisnis di IKM Aceh

Ismail Rasyid (kemeja kotak). [Foto: Ist]

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH –  CEO Trans Contintent, Ismail Rasyid berbagi pengalaman kepada pelaku IKM Aceh dalam membangun dan mengembangkan usaha mereka. Ismail menuturkan, bisnis tidak semata faktor keberuntungan.  Ada faktor lain yang penting  yakni semangat bekerja, jeli melhat pasar  dan mengambil kesempatan yang ada.

“Untuk mencapai kesuksesan, pelaku usaha harus memiliki semangat dan militansi tinggi, displin pada pekerjaan, serta selalu berinovasi pada produk yang diinginkan oleh pasar,” ungkap Ismail Rasyid di depan 14 pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) Aceh, Aceh Besar, Senin (15/4/2019),

Pengusaha nasional itu meminta  produk yang dihasilkan oleh pelaku IKM Aceh harus memiliki standar baku, yakni bermakna, citarasa barang yang dihasilkan tidak berubah-ubah. Pengusaha yang memiliki kantor cabang di luar negeri dan 16 cabang di Indonesia itu,  menuturkan dalam membangun dan mengembangkan produk, sangat dibutuhkan branding atau penguatan merek. branding ini membutuhkan investasi besar dan bersamaan dengan standarisasi.

“Branding akan berhasil kita tanamkan pada mindset konsumen, ketika produk kita sudah memiliki standarisasi. Maka pelaku IKM Aceh harus fokus pada aspek produk yang nantinya  dihasilkan di KIA (Kawasan Industri Aceh) Ladong,” jelas Ismail dalam pertemuan yang difasilitasi oleh PT. Pembangunan Aceh (PT. PEMA).

Usai pertemuan itu, pelaku  ke lapangan ke Ladong Aceh Besar yang dipimpin oleh Direktur Utama PT. PEMA, Zubir Sahim .  14 IKM yang akan membangun pabrik di KIA Ladong yakni, pabrik VCO, Parfum Laki, Rotan, Juice Nozy, Bawadi Coffee, Makjar Keumamah Kaleng, Bidjeh Parfume, Parfume Laki, Consist Product, Meurasa, dan Habanero.