Home / BERITA TERBARU / 60% Pasien Asing di Malaysia dari Indonesia

60% Pasien Asing di Malaysia dari Indonesia

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Sebanyak 60% pasien asing yang berobat di Malaysia, baik rawat jalan maupun rawat inap, berasal dari Indonesia.

“Jumlah penduduk Indonesia lebih dari 260 juta jiwa, Indonesia merupakan pasar terbesar untuk Malaysia Healthcare,” sebut Chief Commercial Officer Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) Nik Yazmin Nik Azman, Kamis (14/2/2019).

Yazmin menuturkan, pada 2018, lebih dari 670.000 masyarakat Indonesia melakukan perawatan kesehatan, baik rawat jalan maupun rawat inap, di berbagai rumah sakit swasta di Malaysia.

Angka itu kurang lebih 60 persen dari total seluruh pasien asing yang berobat di Malaysia. Sedangkan sisanya berasal dari negara lain, diantaranya Vietnam, Tiongkok, Australia, Myanmar.

Yazmin menambahkan kebanyakan orang Indonesia yang berobat ke Malaysia untuk menjalani terapi dan pengobatan jantung, kanker, orthopedi, estetika, dan bayi tabung. Hal itu mengingat banyak pakar mengenai bidang tersebut yang ada di Malaysia.

Bahkan, di Penang dan Malaka memiliki rumah sakit yang spesial kanker. Selain itu, Malaysia merupakan pilihan tujuan utama bagi para wisatawan kesehatan Indonesia berkat sejumlah keunggulan yang ditawarkan oleh Malaysia Healthcare, seperti layanan kesehatan dengan kualitas world-class, biaya yang terjangkau, kemudahan akses serta layanan end-to-end terbaik.