Home / BERITA TERBARU / Daftar Harga Pesawat Tempur TNI

Daftar Harga Pesawat Tempur TNI

Pesawat tempur Sukhoi SU-35. (Foto: Istimewa)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah membeli pesawat tempur terbaik dari berbagai negara. Harganya juga bervariasi, tergantung seberapa canggih pesawat tempur itu.

TNI sudah banyak memiliki pesawat tempur canggih dari berbagai negara. Namun ulasan kali ini bukan soal kemampuan pesawat termpur itu, namun berapa harga pesawat tempur yang dibeli TNI seperti dilansir dari laman Merdeka, Senin (7/1/2019).

1. Sukhoi Su-35

Sebanyak 11 armada pesawat tempur Sukhoi SU-35 dibeli dari Rusia. Rencananya, pesawat tempur itu akan tiba di Indonesia pada Oktober 2019. Hanya ke 11 pesawat itu mencapai USD 1,14 miliar atau Rp 16,3 triliun.

Harga satuannya sekitar USD 45 juta. Kedua negara, Indonesia dan Rusia, melakukan proses pembayaran dengan sistem imbal beli. Jadi, Rusia harus membeli komoditas Indonesia senilai USD 570 juta seperti karet, teh, kopi, dan kelapa sawit.

2. Pesawat Tempur F-16

Indonesia memiliki pesawat tempur F-16. Pesawat ini sangat popular di mata international dan telah digunakan oleh 25 angkatan udara di seluruh Dunia, termasuk Indonesia.

Februari 2018 lalu, TNI AU mendapat hibah 24 unit pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat. Harga satu pesawat F16 sendiri bisa mencapai Rp 1,3 triliun.

3. Pesawat Tempur F-5

F-5 menjadi salah satu pesawat tempur supersonik ringan yang dirancang dan diproduksi oleh Northrop, di Amerika Serikat, sejak tahun 1960-an.

Pesawat ini dirancang dengan menggunakan mesin modifikasi dari General Electric J85, yang awalnya dibuat untuk digunakan pada pesawat kecil McDonnell ADM-20 Quail yang dibawa sebagai drone oleh pesawat pengebom B-52

Pesawat tempur F-5 dijual seharga USD 2,1 juta atau Rp 30 miliar, dengan dua varian yaitu Canadair CF-5 dan F-20 Tigershark.

4. Pesawat Tempur T-50

T-50 Golden Eagle adalah pesawat latih (trainer) supersonik buatan Amerika Serikat-Korea Selatan.

Dikembangkan oleh Korean Aerospace Industries dengan bantuan Lockheed Martin. Program ini juga melahirkan A-50, atau T-50 LIFT, sebagai varian serang ringan. Pesawat canggih ini dijual seharga USD 22 juta atau Rp 313 miliar.