Home / BERITA TERBARU / Korupsi Proyek PT Waskita Karya, FR dan Yas Jadi Tersangka

Korupsi Proyek PT Waskita Karya, FR dan Yas Jadi Tersangka

Ilustrasi salah satu proyek PT Waskita Karya Tbk di Jakarta. (KONTAN/Baihaki)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Dua pejabat PT Waskita Karya (Persero) Tbk ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait kasus korupsi sejumlah proyek fiktif.

Keduanya adalah FR, Kepala Divisi II PT Waskita Karya Tbk periode 2011-2013 dan YAS, Kepala Bagian Keuangan dan Risiko Divisi Il PT Waskita Karya Tbk periode 2010-2014.

Tersangka FR dan YAS seperti dilansir dari Sindonews diduga telah melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

“Dari perhitungan sementara hasil koordinasi dengan BPK, diduga terjadi kerugian keuangan negara sebesar Rp186 miliar. Perhitungan tersebut merupakan jumlah pembayaran dari PT Waskita Karya kepada perusahaan sub-kontraktor pekerjaan fiktif tersebut,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung KPK, Jakarta, Senin (17/12/2018).

Diduga, perusahaan sub-kontraktor mendapat pekerjaan fiktif dari sebagian proyek-proyek pembangunan jalan tol, jembatan, bandara, bendungan, dan normalisasi sungai yang lokasinya tersebar di beberapa daerah.

“KPK telah menemukan bukti permulaan yang cukup dan sejauh ini telah teridentifikasi ada empat sub-kontraktor yang terlibat,” kata Agus.